Comscore Tracker

Banyak Ketua Umum Parpol di Kabinet, Ini Jawaban dari Jokowi

Di kabinet sekarang, ada tiga ketua umum parpol di dalamnya

Jakarta, IDN Times - Usai penetapan menteri-menteri baru di Kabinet Indonesia Maju pada Rabu (23/10) pagi, kejutan muncul karena keputusan Presiden Joko "Jokowi' Widodo cukup "berani". Di dalam kabinetnya saat ini, Jokowi menunjuk tiga ketua umum partai politik untuk bergabung di dalamnya.

Ini tentu berbeda dengan apa yang dilakukan Jokowi pada periode pertama tahun 2014 lalu. Kala itu, penunjukkan perdana menteri di Kabinet Kerja dilakukan Jokowi tanpa melibatkan ketum parpol karena tidak ingin menterinya rangkap jabatan.

Tapi, lain dulu, lain sekarang. Kini, ada tiga nama ketum parpol di dalam Kabinet Indonesia Maju. Ketiganya adalah Airlangga Hartarto, Ketum Partai Golkar, lalu Suharso Monoarfa, Plt Ketua Umum PPP, dan Prabowo Subianto, Ketum Gerindra.

Terkait hal ini, Jokowi sendiri memberikan respons-nya.

"Dari pengalaman 5 tahun kemarin, baik ketua mau pun yang bukan ketua partai, saya lihat yang paling penting adalah bisa bagi waktu dan ternyata tidak ada masalah. Pengalaman itulah yang memutuskan bahwa baik ketum atau siapa pun di struktur partai bisa ikut dalam kabinet,", jelas Jokowi.

Baca Juga: Kombinasi Airlangga-Sri Mulyani Ibarat Kapten dan Penjaga Gawang

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You