Comscore Tracker

Siap Jadi Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim: Posisi Kami Strategis

Nilai ekspor dari Kaltim untuk negara sangat besar

Jakarta, IDN Times - Kalimantan Timur disebut-sebut akan jadi ibu kota baru Indonesia dalam waktu mendatang. Walau Presiden Joko Widodo belum menentukan Kalimantan mana yang akan dipakai, walau begitu Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), sudah percaya diri bahwa daerahnya akan jadi ibu kota baru.

Hal itu disampaikan Israan Noor, Gubernur Kaltim, saat diundang di acara Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa (20/8) malam ini

1. Kaltim menyumbang banyak ke perekonomian negara

Siap Jadi Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim: Posisi Kami Strategissolarvest.my

Disebutkan oleh Israan, menurutnya Kaltim sudah sejak dulu menempati posisi strategis bagi Republik Indonesia. Politisi PKPI ini kemudian menjabarkan strategisnya Kaltim dari sektor ekonomi.

”Dalam sejarahnya, Kaltim punya posisi strategis dan penting bagi Indonesia. Setiap tahun, Kaltim menyumbangkan banyak dana ke negara melalui sumber daya alam. Dari tahun 2018 saja, nilai ekspor yang masuk ke Kaltim ada di angka $18,6 miliar. Itu angka yang cukup besar ya,” ujar Israan.

Baca Juga: ‎Ibu Kota Pindah ke Kaltim, Pasar Properti Bakal Bergairah

2. Israan percaya masalah dana tak jadi soal bagi pemerintah

Siap Jadi Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim: Posisi Kami StrategisIDN Times/Yuda Almerio

Menyinggung terkait biaya pemindahan ibu kota ke Kalimantan, Israan sendiri mengaku tak khawatir. Ia bahkan percaya bahwa negara sudah memperhitungkan segalanya, termasuk soal pendanaan.

”Urusan soal uangnya dari mana, saya percaya negara pasti punya uang. Gak ada ceritanya negara gak punya uang,” tegas Israan.

3. Kaltim punya sejarah kerajaan tertua di Indonesia

Siap Jadi Ibu Kota Baru, Gubernur Kaltim: Posisi Kami Strategisbritannica.com

Dari sisi sejarah sendiri, Israan menjelaskan bahwa ditilik dari sejarahnya, Kaltim merupakan cikal bakal salah satu kerajaan tertua di Indonesia.

”Secara sejarah, saya gak tahu apakah ini relevan, tapi Kaltim itu merupakan salah satu kerajaan tertua di Indonesia. Dulu namanya Kutai, raja pertamanya Kudungga. Kudungga sendiri punya anak Mulawarman, yang anak-anaknya kemudian menyebar ke Jawa hingga Sumatra,” jelas eks politisi Partai Demokrat ini.

Baca Juga: Isu Pemindahan Ibu Kota, Rhoma Irama: Jangan Sampai Berutang, Ya!

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You