Mengapa Gempa Lombok Tidak Picu Tsunami? Ini Jawabannya

Pusat gempa ini dangkal dan ada di daratan

Lombok, IDN Times - Gempa yang menggoyang Lombok, Bali, dan sekitarnya dirasakan sangat kencang. Meski berkuatan cukup tinggi, yakni 6,4 Skala Richter, gempa ini tidak memicu tsunami. 

Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) M Sadly menjelaskan bahwa gempa ini terasa kencang karena pusat gempa dangkal. 

 

1. Pusat gempa dangkal dan ada di darat

Mengapa Gempa Lombok Tidak Picu Tsunami? Ini JawabannyaHumas BNPB

"Gempa ini juga tidak akan memicu tsunami karena pusat gempa ada di darat," kata M Sadly, seperti dikutip dari siaran Kompas TV, Minggu 29 Juli 2018. Sementara Gempa yang memicu tsunami biasanya terjadi dengan pusat di laut.

Dia juga belum bisa memastikan jenis gempa karena masih terjadi gempa susulan. "Jika dilihat hingga jam 11, gempa susulan yang berkisar 4,5 hingga 5 SR lebih ada 7 kali," kata dia. 

2. Gempa bikin perut mual

Kencangnya goyangan gempa ini diungkap beberapa warga di dunia maya. Di akun resmi BMKG, sejumlah warga memberi kesaksian mereka ketika gempa melanda Lombok, Bali, dan Mentawai, pagi tadi. Berikut beberapa di antaranya:

whyjh_: Serasa kapal yg lgi goyang domret sampe mual saya.

itakk_mj17: Mudahan tidak ada gempa susulan lagi #amin 😢

hm4i710: 4x susulan. sampai berapa kali lagi?😓

dianaalwiy: Gempa susulannya banyak amat min, ampun deh :'((

harmila_az: aamiinn yra. Semoga gk sampe gitu, tadi aja trakhir jam 11 wita gempa susulannya. Semoga gak ada lagi

3. Dampak gempa dikhawatirkan bertambah

Mengapa Gempa Lombok Tidak Picu Tsunami? Ini JawabannyaHumas BNPB

Gempa berkekuatan 6,4 SR mengguncang wilayah Lombok, Bali, dan Sumbawa pada Minggu (29/7) pukul 05.47 WIB. Sejauh ini 10 orang ditemukan tewas pas gempa. 

Dampak gempa juga terus bertambah. Petugas BPBD bersama TNI, Polri, Basarnas, SKPD, PMI, Tagana, relawan terus melakukan penanganan darurat. Hingga pukul 09.45 WIB tercatat dampak gempa menyebabkan 10 orang tewas, 40 orang luka dan puluhan rumah rusak. "Diperkirakan dampak gempa akan bertambah mengingat pendataan masih berlangsung dan belum semua lokasi terdata," kata Sutopo.

Baca juga: Gempa NTB, 5 Korban Tewas, Salah Satunya WN Malaysia

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya