Bazar Diplomatik, Booth Indonesia Menarik Perhatian Presiden Portugal

Booth Indonesia menyajikan produk unggulan, seperti rendang

Lisabon, IDN Times - Presiden Republik Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa mengunjungi booth Indonesia dalam kegiatan Bazar Diplomatik yang diselenggarakan oleh Asosiasi Keluarga Diplomatik Portugal pada tanggal 31 November – 1 Desember 2018. Presiden Portugal juga diberi sajian tari Bali Topeng Keras.

Selama 3,5 jam kunjungan, Presiden Portugal mendatangi setiap booth sambil menyapa ramah dan melihat produk unggalan yang ditawarkan. Ada yang menarik di booth Indonesia. Dubes RI Lisabon menyambut kedatangan presiden dan mengalungkan kain tenun khas Nusa Tenggara Timur sebagai cendera mata dari Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Dharmawanita Persatuan KBRI Lisabon juga menjelaskan produk unggulan yang dipromosikan, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

1. Indonesia menyuguhkan pertunjukan budaya

Bazar Diplomatik, Booth Indonesia Menarik Perhatian Presiden PortugalDok. IDN Times/Istimewa

Indonesia menjadi satu-satunya negara yang menampilkan pertunjukan budaya dalam kegiatan tersebut. Pagelaran tersebut mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Presiden Portugal.

Presiden sempat meluangkan waktu untuk dapat menyaksikan pertunjukan tersebut sebelum meninggalkan lokasi kegiatan.

2. Duta Besar RI Lisabon menyambut kedatangan

Bazar Diplomatik, Booth Indonesia Menarik Perhatian Presiden PortugalDok. IDN Times/Istimewa

Bazar Diplomatik tahun ini diikuti oleh 40 booth yang terdiri dari pewakilan negara melalui kedutaan besar yang ada di Portugal, daerah otonomi Azores dan Madeira, serta lembaga promosi Amerika Latin dan Karibia yang ada di Portugal. Booth Indonesia menyajikan produk unggulan seperti kain batik, kain tenun, hasil kerajinan tangan, aksesoris, serta kuliner tradisional Indonesia seperti rendang, sate ayam, nasi kuning, nasi goreng, onde-onde, panada, lumpia, dan nasi bakar. 

3. Bazar Diplomatik hadir untuk mempromosikan produk unggulan kepada masyarakat Portugal

Bazar Diplomatik, Booth Indonesia Menarik Perhatian Presiden PortugalDok. IDN times/Istimewa

Diselenggarakan di Centro de Congressos de Lisboa, kegiatan ini dihadiri sekitar seribu pengunjung. Acara ini bertujuan untuk mempromosikan produk-produk unggulan dari suatu negara atau wilayah kepada masyarakat luas di Portugal. 

Selain itu, Bazar Diplomatik sekaligus menjadi ajang penggalangan dana dengan cara menyumbangkan sebagian keuntungan dari hasil penjualan, tiket masuk dan tiket door prize kepada lembaga penanganan penyandang cacat, penderita multiple sclerosis, dan alzheimer di Portugal.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya