Comscore Tracker

KPK Periksa Adik Inneke Koesherawati Soal Suap Mobil Mantan Kalapas

Adik Inneke diperiksa sebagai saksi

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ike Rahmawati, adik dari artis Inneke Koesherawati, pada Rabu (8/8). Ike dikonfirmasi mengenai mobil yang diduga dijadikan suap kepada mantan Kalapas Sukamiskin Bandung Wahid Husein.

Hari ini, Ike diperiksa sebagai saksi.

1. Saksi untuk tersangka Wahid Husein

KPK Periksa Adik Inneke Koesherawati Soal Suap Mobil Mantan KalapasAdik Inneke Koesherawati, Ike Rahmawati

Ike yang juga ibu rumah tangga itu sebagai saksi untuk tersangka Wahid Husein dalam penyidikan kasus suap kepada penyelenggara negara terkait pemberian fasilitas, perizinan ataupun pemberian lainnya di Lapas Klas 1 Sukamiskin.

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, penyidik perlu mengkonfirmasi proses pemesanan dan pengantaran mobil itu. "Artinya, tentu penyidik menduga saksi mengetahui proses tersebut karena memang pemesanan mobil itu terjadi di luar sehingga yang lebih mengetahui adalah pihak-pihak apakah yang disuruh ataupun membantu dalam proses pemesanan itu," kata dia, seperti dikutip dari situs Antara. 

2. Ike enggan berkomentar

KPK Periksa Adik Inneke Koesherawati Soal Suap Mobil Mantan KalapasANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Seusai menjalani pemeriksaan, Ike enggan berkomentar banyak. "Untuk konfirmasi saja sebenarnya, untuk saksi saja kok," kata Ike.

Dia juga menjawab singkat saat ditanya lebih lanjut apakah dirinya juga dikonfirmasi soal pembelian mobil yang diduga suap kepada Wahid dari tersangka Fahmi Darmawansyah dalam kasus tersebut.

"Tidak sih cuma ditanya sedikit saja kok, bukan untuk masalah Pak Fahmi," ucap Ike.

Baca Juga: Jalani Pemeriksaan sebagai Saksi di KPK, Apa Sebenarnya Peran Inneke?

3. KPK sudah periksa Inneke

KPK Periksa Adik Inneke Koesherawati Soal Suap Mobil Mantan KalapasANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Dalam penyidikan kasus itu, KPK sedang mendalami arahan tersangka Fahmi Darmawansyah yang juga suami Inneke dalam pemesanan dan pembelian mobil yang kemudian diberikan sebagai suap Wahid Husein.

Pada Selasa (24/7), KPK telah memeriksa Inneke. "Pada saksi Inneke diperdalam informasi tentang arahan tersangka Fahmi Darmawansyah terkait dengan pemesanan dan pembelian mobil yang kemudian diberikan pada tersangka Wahid Husein," kata Febri, kala itu.

Selain Wahid, KPK juga telah menetapkan tiga tersangka lainnya, yaitu Hendry Saputra (HND) yang merupakan staf Wahid Husein, narapidana kasus korupsi Fahmi Darmawansyah (FD) yang juga suami dari Inneke, dan Andri Rahmat (AR) yang merupakan narapidana kasus pidana umum/tahanan pendamping (tamping) dari Fahmi Darmawansyah.

Kasus suap ini terkuak dari operasi tangkap tangan (OTT) pada Jumat (20/7). KPK mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga terkait tindak pidana, yaitu dua unit mobil masing-masing satu unit Mitsubishi Triton Exceed warna hitam dan satu unit Mitsubishi Pajero Sport Dakkar warna hitam.

Mobil yang dipesan oleh Fahmi Darmawansyah dan diduga kemudian diberikan kepada Wahid Husein adalah Mistubishi Triton Exceed warna hitam tersebut.

Baca Juga: Geledah Kontrakan Inneke di Bandung, KPK Sita Apa Saja?

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You