Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Korban Gempa di Lombok

Jokowi akan bermalam di tenda

Lombok, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (13/8). Dia mengunjungi korban gempa sekaligus memantau penanganan gempa di sana. 

Jokowi telah tiba di Bandar Udara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat sekitar pukul 16.08 WITA.

1. Jokowi kunjungi Lombok Utara dengan helikopter

Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Korban Gempa di LombokANTARA FOTO/Zabur Karuru

Presiden melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Lombok Utara adalah daerah yang paling terdampak gempa karena berdekatan dengan pusat gempa.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga hari ini menyebutkan 436 orang meninggal dunia akibat gempa tersebut. Korban meninggal dunia tersebar di Kabupaten Lombok Utara 374 orang, Lombok Barat 37 orang, Kota Mataram 9 orang, Lombok Timur 12 orang, Lombok Tengah 2 orang dan Kota Lombok 2 orang.

Selain korban jiwa, BNPB juga mencatat kerugian akibat gempa di NTB mencapai lebih dari Rp5,04 triliun.

Baca Juga: Update Gempa Lombok: 436 Korban Meninggal, Kerugian Rp5,04 T

2. Jokowi bermalam di tenda

Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Korban Gempa di LombokBNPB

Di Kabupaten Lombok Utara, Presiden akan meninjau dapur umum, trauma healing, posko pengungsian korban bencana dan rumah sakit lapangan. Presiden juga akan menyerahkan bantuan secara langsung kepada para korban.

Setelah itu, Presiden akan menuju tenda untuk bermalam dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Jokowi minta kebutuhan pengungsi tercukupkan

Presiden Jokowi Tinjau Penanganan Korban Gempa di LombokBNPB

Saat memimpin rapat terbatas tentang penanganan bencana alam di NTB di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (10/8), Jokowi meminta agar seluruh jajaran terkait memastikan segala kebutuhan para pengungsi dan korban terdampak gempa terpenuhi.

“Untuk penanganan pengungsi dan korban gempa saya minta untuk dipastikan ketersediaan logistik, tenda, selimut, makanan, terutama makanan untuk bayi, obat-obatan, pasokan air, serta yang berkaitan dengan listrik,” kata Presiden saat itu.

Turut mendampingi Presiden dalam penerbangan ke Provinsi NTB, hari ini, antara lain: Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca Juga: H+6 Gempa Lombok, Geliat Aktivitas Perlahan Normal

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya