Anggaran Sirkuit Formula E Capai Rp60 M, Diklaim Lebih Hemat Rp40 M

Pembangunan sirkuit Formula E dikebut

Jakarta, IDN Times - Pembangunan sirkuit Formula E di kawasan Ancol mencapai Rp60 miliar. Penanggung Jawab Proyek Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo, mengatakan anggaran Rp60 miliar itu seluruhnya digunakan untuk pembangunan trek.

"Anggarannya ini kalau di tahap saat ini kami masih di Rp60 miliar ya. Saya tidak boleh masuk ke keseluruhan anggaran untuk penyelenggaraan event ini, karena itu di luar saya," ujar Ari dikutip dari ANTARA, Minggu (6/3/2022).

1. Diklaim lebih hemat Rp40 M

Anggaran Sirkuit Formula E Capai Rp60 M, Diklaim Lebih Hemat Rp40 MSpesifikasi sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara. (dok. Jakpro)

Ari mengklaim anggaran tersebut lebih hemat Rp40 miliar dari perkiraan awal yang disampaikan Ketua Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta 2022 Ahmad Sahroni. 

Sebelumnya, Sahroni menyebut anggaran pembangunan sirkuit Formula E sekitar Rp100 miliar. Ia juga menegaskan pembangunan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta.

Baca Juga: Kejar Target, Sirkuit Formula E Dibangun Nonstop Siang Malam

2. Target penonton Formula E sebanyak 50 ribu orang

Anggaran Sirkuit Formula E Capai Rp60 M, Diklaim Lebih Hemat Rp40 MInstagram/@aniesbaswedan

Menurut Sahroni, dampak ekonomi yang ditimbulkan dari kegiatan Formula E di Jakarta sekitar 78 juta poundsterling Inggris atau setara Rp1,4 triliun. Dia menargetkan penonton Formula E mencapai 40.000 hingga 50.000 penonton. 

"Dampak dari kegiatan Formula E itu seluruhnya bisa hampir 78 juta Poundsterling Inggris. Itu bukan Pendapatan Asli Daerah yang diterima Pemprov DKI, tapi keuntungan secara total," kata Sahroni saat pertama kali mengunjungi area proyek JIEC, 22 Desember 2021.

3. Sirkuit Formula E dibangun nonstop siang-malam

Anggaran Sirkuit Formula E Capai Rp60 M, Diklaim Lebih Hemat Rp40 Mfiaformulae.com

Jika tak ada aral melintang, balap mobil listrik internasional Formula E Jakarta akan digelar pada 4 Juni 2022. Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro Widi Amanasto mengatakan, saat ini pembangunan sirkuit sedang dikebut dengan tiga sif waktu.

Ia mengungkapkan ada 300 hingga 400 pekerja yang menggarap sirkuit Formula E. Mereka akan mengerjakan track sebanyak lima zona dengan luas 3,34 hektare. 

“Siang malam itu ada tiga sif pekerjaan, hujan pun tetap bekerja,” kata Widi kepada wartawan, Rabu (23/2/2022). 

Baca Juga: Sirkuit Formula E Pakai Bambu, Wagub DKI: Efektif, Efisien, Murah

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya