Comscore Tracker

Jelang Larangan Mudik, Pemudik di Terminal Lebak Bulus Naik 115 Persen

Kenaikan terjadi pada akhir pekan

Jakarta, IDN Times - Kepala Satuan Pelaksana Terminal Bus Lebak Bulus, Hernanto, mengungkapkan ada kenaikan jumlah penumpang bus menjelang masa larangan mudik Lebaran 2021. Di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan, tercatat ada kenaikan 115 persen.

Hernanto mengatakan kenaikan jumlah penumpang bus tersebut terjadi pada Minggu (2/5/2021) atau tiga hari menjelang masa larangan mudik pada 6-17 Mei 2021. Penumpang yang biasanya sekitar 200 orang menjadi 423 orang.

"Puncaknya sepertinya pada Sabtu-Minggu kemarin. Sekarang sudah mulai melandai," kata Hernanto dilansir ANTARA, Selasa (4/5/2021).

Meski begitu, ia menyebut hingga hari ini masih banyak penumpang yang datang untuk bepergian ke luar Jakarta.

1. Nihil penumpang turun di terminal

Jelang Larangan Mudik, Pemudik di Terminal Lebak Bulus Naik 115 PersenIlustrasi Bus Antar Kota Antar Provinsi. (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Ia mencatat, selama Sabtu (1/5/2021) dan Minggu (3/5/2021), hanya ada penumpang berangkat dari Terminal Lebak Bulus. Sedangkan, penumpang yang turun di terminal tersebut nihil.

Hernanto pun merinci pada Sabtu, jumlah pemudik yang berangkat dari Terimnal Lebak Bulus mencapai 375 orang. Mereka dilayani 50 bus dengan tujuan sejumlah kota di Pulau Jawa.

Sedangkan, pada Minggu, terdapat 431 orang penumpang yang dilayani 65 bus dengan tujuan sejumlah kota di Pulau Jawa.

Baca Juga: 1.144 Pemudik Tiba di Pelabuhan Belawan Jelang Larangan Mudik

2. Ditutup saat masa larangan mudik Lebaran 2021

Jelang Larangan Mudik, Pemudik di Terminal Lebak Bulus Naik 115 Persenilustrasi bus untuk angkutan mudik (IDN Times/Mela Hapsari)

Sebelumnya, Hernanto menjelaskan Terminal Bus Lebak Bulus akan ditutup pada masa larangan mudik, 6-17 Mei 2021. Pengelola akan memasang portal barrier atau traffic cone di pintu masuk dan keluar terminal.

Ia mengatakan pihaknya akan menyiagakan 20 personel di terminal untuk mengantisipasi adanya travel gelap. Hal tersebut akan dibantu petugas dari Satpol PP, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, hingga aparat TNI-Polri.

3. Hanya dua terminal yang beroperasi pada 6-17 Mei 2021

Jelang Larangan Mudik, Pemudik di Terminal Lebak Bulus Naik 115 PersenIlustrasi terminal bus (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan hany ada dua terminal beroperasi di masa larangan mudik Lebaran 2021. Keduanya yaitu Terminal Kalideres, Jakarta Barat, dan Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Kendati demikian, Syafrin menuturkan pemeriksaan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) Jakarta tetap berlaku di Terminal Kalideres dan Pulo Gebang. Pemeriksaan berlaku pada periode 6-17 Mei.

"Pada saat kami membuka dua terminal, Terminal Pulo Gebang dan terminal Kalideres, begitu yang bersangkutan akan berangkat naik bus salah satu yang diminta adalah surat dari kelurahan (SIKM)," ucap Syafrin dikutip dari ANTARA, Jumat (30/4/2021).

Baca Juga: Larangan Mudik, Penjagaan Jalur Tikus di Banyuwangi Diperketat 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya