Polda Metro Kerahkan Personel di Sekolah yang Uji Coba PTM

Polisi ditempatkan untuk antisipasi kemacetan

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya akan menempatkan personel di sekolah di Jakarta yang melangsungkan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM). Diketahui, uji coba PTM di DKI saat pandemik COVID-19 dimulai hari ini, Senin (30/8/2021).

“Kita akan koordinasi dengan dinas, sekolah-sekolah mana saja yang akan mulai PTM. Nanti kita tempatkan anggota di sana,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dikutip dari ANTARA pada Sabtu (29/8/2021).

Dia mengatakan penempatan personel itu dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di sekitar sekolah.

1. Sebanyak 610 sekolah di Jakarta laksanakan uji coba PTM terbatas

Polda Metro Kerahkan Personel di Sekolah yang Uji Coba PTMIlustrasi sekolah tatap muka di tengah pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana telah menerbitkan Surat Kepala Dinas Pendidikan Nomor 883 tahun 2021. Di surat itu, disebutkan ada 610 sekolah di DKI yang akan menggelar uji coba PTM terbatas.

“Dalam pelaksanaan pembelajaran tatap muka, satuan pendidikan melakukan PTM dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai ketentuan perundang-undangan,” kata Nahdiana.

Pada surat keputusan itu disebutkan kegiatan PTM akan dievaluasi secara berkala. Jika ada sekolah yang tidak melaksanakan perlindungan kesehatan maka akan disetop.

Baca Juga: Uji Coba PTM 610 Sekolah di Jakarta Dimulai Besok, 30 Agustus 2021

2. Kepala suku dinas hingga pengawas sekolah diminta awasi

Polda Metro Kerahkan Personel di Sekolah yang Uji Coba PTMIlustrasi sekolah tatap muka (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Oleh karena itu, ia meminta para kepala suku dinas, pengawas, penilik dan kepala satuan pelaksana pendidikan kecamatan melakukan monitoring, evaluasi dan pendampingan. Nahdiana juga meminta mereka melaporkannya kepada kepala Dinas Pendidikan.

PTM terbatas akan dilaksanakan bergantian dengan pembelajaran jarak jauh (daring) dengan sistem pada Senin-Rabu-Jumat dilaksanakan pembelajaran di sekolah. Sedangkan Selasa dan Kamis dilaksanakan disinfeksi.

3. Wagub DKI targetkan awal 2022 semua sekolah sudah PTM

Polda Metro Kerahkan Personel di Sekolah yang Uji Coba PTMWakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, sebelumnya mengatakan PTM terbatas akan dilakukan secara bertahap. Jika PTM di 610 sekolah sukses, pada September akan ada 890 sekolah di Jakarta yang memenuhi daftar isian Kemendikbudristek melakukan PTM.

Kemudian, Riza menargetkan, mulai Januari 2022 semua sekolah di DKI Jakarta bisa menggelar PTM.

"Dan awal tahun (2022), Januari, kami menargetkan seluruh sekolah bisa melaksanakan proses belajar tatap muka, tentu dengan ketentuan protokol kesehatan," kata Riza.

Baca Juga: Anies: Siswa Belum Vaksinasi Boleh Ikut PTM, Tapi Baiknya Divaksin 

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya