Sudah Disuntik Vaksin 2 Kali, Wagub NTB Positif COVID-19

Wagub NTB tak bergejala dan merasa lebih kuat

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitti Rohmi Djalilah dinyatakan positif virus corona. Ia menderita COVID-19 bersama sang suami, Khairul Rizal, dan tujuh orang lainnya yang tinggal di rumah dinas wagub NTB.

Rohmi mengaku dalam kondisi baik. Menurutnya, hal tersebut tak lepas dari dua dosis vaksin COVID-19 yang telah diterimanya.

"Kasus saya positif COVID-19 ini jangan disembunyikan, tapi justru didoakan dan dijadikan momen edukasi kepada masyarakat," ujar Rohmi melalui pesan singkat, seperti dilansir ANTARA, Minggu (14/3/2021).

Baca Juga: [UPDATE] Kasus COVID-19 Dunia Tembus 120 Juta per 14 Maret 2021

1. Tidak memiliki gejala COVID-19

Sudah Disuntik Vaksin 2 Kali, Wagub NTB Positif COVID-19Wakil Gubernur NTB Dr Hj. Sitti Rohmi Djalilah IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Rohmi mengaku dirinya tidak memiliki gejala COVID-19. Ia pun merasa lebih kuat.

"Bersyukur cepat diketahui, sehingga bisa mengisolasi diri untuk menghindari penularan lebih lanjut," kata Ketua Satgas COVID-19 Pemerintah Provinsi NTB ini.

Sementara itu, Khairul Rizal juga memberikan keterangan yang sama. Anggota DPRD NTB itu menduga kondisinya yang baik ini berkat vaksin yang telah diterima.

"Alhamdulillah walaupun positif, kondisi baik, tidak bergejala, mungkin pengaruh vaksin COVID-19 sudah bekerja," ujar Rizal dihubungi terpisah.

2. Diduga tertular dari asisten rumah tangga

Sudah Disuntik Vaksin 2 Kali, Wagub NTB Positif COVID-19Ilustrasi corona. IDN Times/Mardya Shakti

Rohmi dan Rizal pun menduga virus corona ditularkan seorang asisten rumah tangga (ART) yang bekerja di rumah dinas Wagub. ART tersebut sempat pulang kampung dan sekembalinya merasakan gejala COVID-19.

"Bibik yang kerja di pendopo saat pulang kampung rupanya tidak taat prokes, kembalinya membawa virus. Yang bersangkutan positif sehingga kami sekeluarga screening walaupun kami sekeluarga tanpa gejala," ungkap Rohmi.

Ia pun mengimbau semua masyarakat untuk tetap menaati protokol kesehatan. Sehingga, tidak tertular atau menularkan COVID-19.

"Mohon doa untuk kesembuhan kami. Mari taat prokes agar tidak menjadi sebab mudarat untuk orang lain," katanya.

3. Sudah dapat dua dosis vaksin

Sudah Disuntik Vaksin 2 Kali, Wagub NTB Positif COVID-19Ilustrasi vaksinasi COVID-19. ANTARA FOTO/Jojon

Diketahui, Rohmi dan Rizal telah mendapatkan dua dosis vaksin virus corona. Dosis pertama vaksin Sinovac disuntikkan pada 14 Januari 2021.

Sedangkan, dosis kedua diberikan pada 28 Januari 2021. Rohmi merupakan Ketua Satgas COVID-19 NTB.

Kepala Dinas Kesehatan NTB Lalu Hamzi Fikri mengatakan, saat ini Rohmi dan keluarga menjalani isolasi mandiri. Tentunya, dengan pengawasan dari dokter.

"Bu Wagub dan keluarga dalam keadaan baik saat ini dan statusnya orang tanpa gejala (OTG). Saat ini menjalani isolasi mandiri dan pengawasan dari tim dokter RSUD Provinsi NTB," kata Hamzi.

Baca Juga: [LINIMASA-5] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya