TPNPB-OPM Klaim Tembak 3 Prajurit TNI di Bandara Aminggaru Papua

TPNPB-OPM juga mengklaim menembak mati 1 prajurit TNI

Jakarta, IDN Times - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim telah menembak tiga orang prajurit TNI. Salah satu korban disebut tewas tertembak.

Juru Bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom, menyebut penembakan dilakukan pihaknya di Bandara Aminggaru di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, Sabtu (19/2/2022) pagi.

"Pasukan TPNPB berhasil tembak mati satu anggota TNI dan dua lainnya mengalami luka tembak," kata Sebby dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

1. Serangan dilakukan TPNPB-OPM pimpinan Lekagak Telenggen

TPNPB-OPM Klaim Tembak 3 Prajurit TNI di Bandara Aminggaru PapuaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Ia mengungkapkan TPNPB-OPM bertanggung jawab atas penembakan di Bandara Aminggaru. Penyerangan dilakukan TPNPB yang dipimpin Komandan Operasi Umum Mayjen Lekagak Telenggen, Panglima KODAP Ilaga Brigjen Penny Murib, Panglima KODAP Sinak Brigjen Militer Murib dan Komandan Lapangan Numbuk Telenggen.

"Dalam kontak senjata pada hari ini Sabtu tanggal 19 Februari 2022, kami pasukan TPNPB tidak ada yang korban," kata Sebby.

Baca Juga: KKB Tembaki Prajurit TNI AU yang Amankan Bandara di Papua

2. TNI sebut hanya satu orang prajurit yang tertembak

TPNPB-OPM Klaim Tembak 3 Prajurit TNI di Bandara Aminggaru Papuainstagram.com/kodam17

Sementara itu, Danrem 173/PVB Brigjen TNI Taufan Gestoro mengakui adanya kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bandara Aminggaru. Namun, ia menyebut hanya satu orang prajurit TNI yang mengalami luka tembak, tidak ada korban tewas.

Korban luka tembak, kata dia, berada di Puskesmas Ilaga menunggu kedatangan helikopter yang akan mengevakuasi ke Timika.

“Kondisi Praka Hermansyah stabil dan terkena tembakan di bahu kanannya,” jelas Taufan dikutip dari ANTARA.

3. Bandara Aminggaru ditutup akibat serangan KKB

TPNPB-OPM Klaim Tembak 3 Prajurit TNI di Bandara Aminggaru PapuaTim gabungan TNI-Polri berhasil menemukan dua senjata api di tempat persinggahan KKB di Oksamol, Papua. (dok. Satgas Nemangkawi)

Akibat serangan KKB, Bandara Aminggaru pun hari ini ditutup sementara. Tiga pesawat yang seharusnya mendarat di Bandara Aminggaru dialihkan ke bandara asal.

"Memang benar akibat gangguan dan kontak tembak dengan KKB menyebabkan untuk sementara operasional di bandara ditutup," kata Kepala Unit Pengelolaan Bandara Aminggaru Ilaga, Herman Sujito.

Baca Juga: Bandara Aminggaru Ilaga Papua Ditutup Imbas Serangan KKB

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya