Pesta Demokrasi di Kota Jambi, Meriah dalam Balutan Kesederhanaan

#Pilkada2018 Kota Jambi juga ikut meramaikan pesta demokrasi

Kota Jambi, IDN TIMES - Tepat pada hari Rabu (27/6), Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia melaksanakan Pilkada 2018 (Pemilihan Kepala Daerah). Sekitar 152 juta Rakyat Indonesia dinyatakan terdaftar sebagai pemilih dalam Pilkada 2018.

Wilayah Kota Jambi yang termasuk kedalam lingkup Pilkada 2018, akan memilih satu juara dari 2 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi periode 2018-2023. Sekarang mari kita mengintip suasana pemilihan di TPS no.23 yang terletak di Jl. Peltu Simatupang, Paal Lima, Kota Baru, Jambi.

1. Tempat sederhana yang vital 

Pesta Demokrasi di Kota Jambi, Meriah dalam Balutan KesederhanaanIDN Times/Karl Gading

Dalam pemilihan kali ini, bagi warga Kota Jambi yang terdaftar sebagai pemilih dan tinggal Kelurahan Paal Lima, Kecamatan Kota Baru, bisa mendatangi salah satu lokasi nomor TPS tempat di mana dirinya telah terdaftar.

Tempat yang begitu sederhana nan vital di TPS no.23, menjadi salah satu bukti bahwa Pilkada 2018 Kota Jambi adalah salah satu kegiatan penting "dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat". Dalam pelaksanaannya, TPS ini dijaga oleh 2 anggota dari Linmas (Perlindungan Masyarakat) untuk menjaga keamanan lokasi. TPS no.23 merupakan salah satu dari 25 TPS yang ada di Kelurahan Paal Lima.

Pengawas pemilihan di TPS no.23 pun juga ikut menggunakan pakaian yang sederhana tanpa harus menggunakan atribut yang berlebihan.

2. Dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota bersaing di "Tanah Pilih Pesako Betuah"

Pesta Demokrasi di Kota Jambi, Meriah dalam Balutan KesederhanaanIDN Times/Karl Gading

Pilkada 2018, warga kota Jambi akan memilih 2 pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Jambi untuk periode 2018-2023.

Pasangan calon pertama dengan nomor urut 1 diwakili oleh, Abdullah Sani (calon wali kota) dan Kemas Alfarizi (calon wakil wali kota). Sedangkan pasangan calon dengan nomor 2 diwakilkan oleh, Syarif Fasha (calon wali kota) dan Maulana (calon wakil wali kota).

Masing-masing kandidat memiliki visi serta misi yang sudah dituangkan dalam kampanye maupun debat calon wali kota Jambi. Sekarang kedua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota "Tanah Pilih Pesako Betuah" tinggal menunggu hasil, baik melalui perhitungan cepat serta perhitungan absolut.

3. Terlihat sepi tetapi warga terus berdatangan secara bertahap

Pesta Demokrasi di Kota Jambi, Meriah dalam Balutan KesederhanaanIDN Times/Karl Gading

Suasana memang terlihat sedikit sepi pada pukul 09.00 WIB, di mana pada saat itu hanya terhitung ada sekitar 8 pemilih yang sedang duduk menunggu giliran mencoblos pilihannya. Hanya beberapa saat kemudian, sebagian warga mulai mendatangi TPS no.23 secara bertahap untuk ikut memilih. Menurut daftar manifes pemilih, sudah terdaftar sekitar 293 pemilih di TPS no.23 wilayah Kelurahan Paal Lima, Kecamatan Kota Baru.

Dari pemantauan IDN Times, para pemilih biasanya datang bersama rombongan keluarga atau teman hingga kerabat kerja ke lokasi TPS no.23. Dapat dipastikan kelonggaran ini diakibatkan faktor rombongan dan jam memilih yang berbeda, sehingga mengapa terlihat jelas perbedaan kondisi TPS yang ramai atau tidak.

Karl Gading S. Photo Verified Writer Karl Gading S.

History Lovers and International Conflict Observer....

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya