Comscore Tracker

Diikuti 7.500 Peserta, Pertamina Eco Run 2019 Penuh Kemeriahan! 

Pertamina ajak pelari untuk ikut lestarikan lingkungan

Tangerang Selatan, IDN Times - Pertamina Eco Run 2019 sukses digelar di QBIG Bumi Serpong Damai (BSD) City pada Minggu (9/12) lalu. Dengan diikuti oleh 7.500 peserta dari berbagai kalangan, Pertamina Eco Run merupakan ajang tahunan yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT Pertamina yang ke-62 yang jatuh pada 10 Desember 2019. Bagi kamu yang belum tahu, kompetisi ini sebenarnya lebih dari sekadar maraton saja lho. Selengkapnya bisa disimak di bawah ini!

1. Mengajak masyarakat untuk menjadi lebih peduli kelestarian lingkungan

Diikuti 7.500 Peserta, Pertamina Eco Run 2019 Penuh Kemeriahan! IDN Times/Karsa Adiguna

Dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Fajriyah Usman selaku Vice President Corporate Communication Pertamina mengatakan bahwa melalui Eco Run, Pertamina mengajak masyarakat berlari, sekaligus menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan dan konservasi hayati.


Para peserta Eco Run juga diajak untuk lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan cara mengurangi konsumsi air minum kemasan sekali pakai. Maka dari itu, dalam runner kit terdapat botol minum yang dapat digunakan berulang kali.

2. Pertamina Eco Run jadi ajang pengumpulan donasi

Diikuti 7.500 Peserta, Pertamina Eco Run 2019 Penuh Kemeriahan! IDN Times/Karsa Adiguna

Lebih lanjut, Fajriyah Usman juga mengatakan bahwa Pertamina Eco Run 2019 mengajak masyarakat untuk melakukan donasi untuk pelestarian flora dan fauna langka di empat wilayah konservasi. Uang donasi ini berasal dari biaya pendaftaran yang dibayarkan oleh peserta dan total donasi yang terkumpul telah mencapai 1,52 miliar rupiah. Donasi ini disalurkan melalui para mitra CSR Pertamina di masing-masing kawasan konservasi.

Empat wilayah konservasi yang dipilih oleh Pertamina antara lain TBBM Bitung untuk melestarikan satwa langka Macaca Nigra yang juga disebut Yaki, TBBM Panjang sebagai tempat pelestarian kupu-kupu di Lampung, Kawasan Arboretum Gambut Sei Pakning yang merupakan kawasan konservasi flora dan pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan juga kawasan hutan bakau di kawasan Refinery Unit IV Cilacap yang memberikan dampak positif bagi ekonomi masyarakat setempat. 

 

3. Kategori utama Pertamina Eco Run 2019

Diikuti 7.500 Peserta, Pertamina Eco Run 2019 Penuh Kemeriahan! IDN Times/Karsa Adiguna

Pertamina Eco Run 2019 terbagi dalam tiga kategori utama, yaitu Pertamax Turbo Run 10K, Pertamina Dex Run 5K, dan Pertamax Run 1,5K. Para peserta pun terdiri berbagai usia dan kalangan lho. Mulai dari pelajar, pelari internasional, pelari amatir, bahkan ada juga peserta golongan master yang berusia 45 tahun ke atas. 

4. Pertamina Eco Run banjir hadiah besar

Diikuti 7.500 Peserta, Pertamina Eco Run 2019 Penuh Kemeriahan! IDN Times/Karsa Adiguna

Pertamina sudah menyiapkan hadiah-hadiah besar bagi para peserta yang berhasil keluar menjadi juara pada masing-masing kategori. Mulai dari uang tunai senilai Rp5.000.000 hingga Rp20.000.000 pun diberikan kepada para pelari dengan catatan waktu terbaik menurut kategorinya masing-masing.

Nggak hanya itu, Pertamina Eco Run juga memberikan doorprize yang spektakuler bagi para peserta, mulai dari motor hingga mobil pun diberikan kepada para pelari yang beruntung. Bagi kamu yang nggak ikut Pertamina Eco Run 2019, pasti menyesal banget kan?

5. Pertamina Eco Run 2019 ditutup dengan penampilan oleh RAN

Diikuti 7.500 Peserta, Pertamina Eco Run 2019 Penuh Kemeriahan! IDN Times/Karsa Adiguna

Selain menggelar Eco Run, Pertamina juga menyelenggarakan Eco Festival yang menampilkan DJ Mr. Nostalgia dan ditutup manis oleh penampilan RAN. Sebagai pembuka, RAN mengajak peserta untuk jadi lebih semangat dengan membawakan lagu Selamat Pagi. Selain membawakan lagu-lagu hitsnya, RAN juga mengajak para peserta Pertamina Eco Run 2019 bernostalgia lewat lagu Andai Dia Tahu dari Kahitna lho. Pengunjung yang pun nggak bisa menolak godaan untuk singalong. Jadi, terlihat ‘kan betapa serunya Pertamina Eco Run 2019? Makanya, buat kamu yang belum berkesempatan untuk mengikuti maraton persembahan Pertamina ini, sampai jumpa di gelaran Pertamina Eco Run tahun depan ya!

Topic:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya