Dengan Agenda Padat, Festival Crossborder Skouw Dipastikan Meriah

Lomba paduan suara yang spesial juga akan digelar

Skouw, IDN Times – Festival Crossborder Skouw 2019 pasti akan meriah karena agendanya super padat. Pada Rabu (8/5), rapat terakhir persiapan festival tersebut digelar di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Skouw. Berbagai agenda yang ada dimatangkan. Lantas, apa saja agendanya?

Festival Crossborder Skouw 2019 memiliki rangkaian acara beragam yang seluruhnya pasti akan diusahakan melibatkan wisatawan asal Papua Nugini. Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kementerian Pariwisata Ricky Fauzi menyampaikan hal tersebut.

“Agenda harus rapat. Jangan sampai ada yang kosong. Jika nanti ada agenda kunjungan ke booth-booth peserta, panggung pun harus diisi dengan kegiatan. Jangan sampai kosong. Pengunjung harus diberikan atraksi,” tutur Ricky.

1. Rencana syukuran PLBN Skouw jadi pembahasan serius

Dengan Agenda Padat, Festival Crossborder Skouw Dipastikan MeriahIDN Times/Kemenpar

Namun, yang menjadi pembahasan serius ialah rencana syukuran atas diresmikannya gedung PLBN Skouw oleh Presiden Joko Widodo pada 9 Mei 2017 lalu.

“Kita meluruskan, bukan perayaan HUT. Tapi syukuran atas peresmian gedung PLBN Terpadu Skouw yang dilakukan Presiden Joko Widodo tahun 2017. PLBN sendiri sudah ada sebelum itu. Jadi jangan sampai ada kesalahan persepsi,” kata Ricky.

Menurut Ricky, syukuran itu akan melibatkan CIQS alias Costume, Immigration, Quarantine, dan Security. Ricky menjelaskan, status PLBN Skouw sebagai PLBN Terpadu ialah pemicunya.

2. Festival Crossborder Skouw 2019 akan berlangsung pada 9-11 Mei di lapangan PLBN Skouw

Dengan Agenda Padat, Festival Crossborder Skouw Dipastikan Meriahjayapurakota.go.id

Lomba paduan suara yang spesial juga akan digelar karena melibatkan peserta dari Papua Nugini. Selain itu, ada juga atraksi drumband nusantara oleh anggota TNI. Drumband tersebut akan melakukan sejumlah atraksi.

“Tadi juga sudah dilakukan pembagian booth-booth pameran. Secara persiapan, sudah tidak ada masalah secara teknis. Tadi juga sudah dilakukan check sound oleh band Dave Solution. Jadi semua sudah siap,” tutur Ricky.

Festival Crossborder Skouw 2019 akan berlangsung pada 9-11 Mei di lapangan PLBN Skouw. Bintang tamu utama festival tersebut ialah duta reggae Indonesia. Selain itu, band asal Papua Dave Solution dan band asal Papua Nugini Vanimo Yates akan tampil juga.

3. Kemenpar optimistis bisa capai target kunjungan wisatawan

Dengan Agenda Padat, Festival Crossborder Skouw Dipastikan MeriahIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, crossborder menjadi senjata utama Kementerian Pariwisata untuk merealisasikan target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2019.

“Target yang ingin kita capai adalah membuat Indonesia dikunjungi 20 juta wisatawan mancanegara. Target yang tidak mudah. Tapi kita selalu optimistis bisa mencapainya. Dan yang menjadi senjata utama kita adalah border tourism,” tutur Menpar Arief.

Menpar Arief memaparkan, hal tersebut membuat Kemenpar memberi perhatian khusus untuk mendatangkan border tourism.

“Contohnya seperti menggelar Festival Crossborder Skouw. Hal serupa kita lakukan pada crossborder lain. Harapannya makin banyak border tourism yang datang. Dan akan membantu pencapaian target,” kata Menpar Arief.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya