Festival Kora Kora 2018 Menyuguhkan Kekayaan Wisata Bahari 

Pencinta diving wajib datang ke Ternate

Ternate, IDN Times – Kekayaan bahari Kota Ternate, diangkat dalam Pembukaan Festival Kora Kora 2018, Sabtu (1/12). Salah satunya melalui Tari Kora Kora. Tarian ini menjadi etalase kekayaan budaya dan bahari Ternate.

 

Begitu juga dengan parade perahu layar yang tak kalah menarik. Warna-warni layar yang terkembang, menambah kebesaran bahari Kota Seribu Benteng. Terlebih acara ini dilakukan di landmark Kota Ternate yang berlatar belakang laut dan Pulau Tidore yang cantik.

 

"Festival Kora Kora menjadi sebuah atraksi pariwisata yang semakin berkembang. Festival ini menjadi etalase seni budaya serta kebesaran Kota Tenate. Festival ini semakin menunjukkan komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate menjadikan pariwisata sebagai salah satu sektor unggulan," ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sabtu (1/12).

 

Seperti apa gambaran keseuran acara Festival Kora Kora 2018 kemarin?

1. Mengundang penyanyi Indonesian Idol sebagai bintang tamu

Festival Kora Kora 2018 Menyuguhkan Kekayaan Wisata Bahari kapanlagi.com

Kemeriahan festival ini tak pelak membuat Kota Ternate makin bergeliat. Terlebih malam harinya tampil penyanyi jebolan Indonesian Idol, Husein Alatas, yang tampil energik. Husein mampu membakar panggung Festival Kora Kora 2018. Hasilnya landmark Kota Ternate penuh oleh wisatawan yang didominasi oleh kaum millenials.

2. Beragam lomba seputar bahari

Festival Kora Kora 2018 Menyuguhkan Kekayaan Wisata Bahari krjogja.com

Kemeriahan akan terus berlanjut hingga 3 Desember 2018. Berbagai lomba bermuatan bahari pun dilaksanakan setiap harinya. Mulai dari lomba mancing, lomba kano, dan tentunya lomba perahu kora kora. Selain itu Tourism Expo juga turut ditampilkan untuk mengangkat kepariwisataan Ternate.

3. Menyelenggarakan workshop serta kampanye peduli laut

Festival Kora Kora 2018 Menyuguhkan Kekayaan Wisata Bahari idntimes/kemenpar

Nuansa lain pun dihadirkan dalam memberikan dukungan. Workshop Sejarah Kora Kora hingga sajian musik serta tari-tarian. Mengedepankan pariwisata berkelanjutan, festival ini juga menghadirkan kampanye peduli laut dan kawasan pesisir.

4. Kaya akan spot diving

Festival Kora Kora 2018 Menyuguhkan Kekayaan Wisata Bahari deskgram.net

Ternate punya diving spot banyak, seperti Pantai Sulamadaha, pantai yang menjadi habitat penyu sekaligus soft coral beraneka warna. Pilihan lainnya, ke perairan dekat Taman Nukila. Di lokasi tersebut, shipwreck (bangkai kapal) di kedalaman 4-5 meter atau ke perairan Pantai Falajawa, Pulau Hiri, Tanjung Rum, dan perairan Kalamata yang punya reef (tebing) seperti di Bunaken.

5. Ternate punya banyak potensi wisata

Festival Kora Kora 2018 Menyuguhkan Kekayaan Wisata Bahari gambarwisata.com

Hal ini membuat Ketua Pelaksana Calendar of Event Wonderful Indonesia, Esthy Reko Astuty, ikut sumringah. Menurutnya festival ini merupakan cara pintar mengangkat potensi besar Ternate. Terutama potensi baharinya yang sudah tak diragukan.

 

Anggota Tim Calendar of Event Wonderful Indonesia, Tazbir, juga sangat mengapresiasi semangat Pemkot Ternate yang semakin serius mendorong sektor pariwisata.

 

"Potensinya besar. Dari mulai alam, budaya, sejarah ada di sini. Aksesibilitas dan amenitasnya sudah mencukupi. Ini harus dimaksimalkan dan harus dipoles terus. Sehingga Ternate menjadi mutiara yang bersinar di pentas pariwisata dunia," ujar Tazbir disela-sela pembukaan Festival.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya