Gelar Pelatihan SDM, Kemenpar Genjot Skill Pemandu Wisata di Kendal 

Pemandu wisata garda terdepan pariwisata

Kendal, IDN Times – Kementerian Pariwisata menggelar Pelatihan Dasar Sumber Daya Manusia (SDM) Kepariwisataan bagi pemandu wisata. Kegiatan ini berlangsung di Tirto Arum Baru, Kendal, Jawa Tengah, 26-27 September 2019.

Dosen pariwisata Universitas Trisakti Pusparani yang menjadi salah satu pemateri mengatakan, pemandu wisata ialah garda terdepan sektor pariwisata. Mereka harus bisa mengangkat pariwisata di wilayahnya, terutama Kabupaten Kendal.

“Seorang pemandu wisata harus mempunyai pola perjalanan sebelum mengantarkan tamu-tamunya ke destinasi wisata yang akan dituju. Hal ini akan membuat perjalanan lebih efektif. Selain itu, mereka juga harus mempelajari rencana kegiatan sesuai dengan petunjuk dan dokumen penyelenggara wisata,” ujar Trisakti, Kamis (26/9).

1. Bertugas melayani, pemandu wisata harus mempunyai sifat fleksibel

Gelar Pelatihan SDM, Kemenpar Genjot Skill Pemandu Wisata di Kendal IDN Times/Kemenpar

Namun begitu, lanjut Pusparani, seorang pemandu wisata harus bersifat fleksibel. Dengan kata lain, mereka harus bisa mengakomodasi keinginan, pesan, atau permintaan dari para wisatawan dan partisipan. Sebab, dalam posisi ini tugas mereka memang untuk melayani.

“Lebih dari itu, seorang pemandu wisata wajib memiliki itinerary atau program acara wisata, yaitu sebuah dokumen yang memuat acara perjalanan, sejak pemberangkatan, di tempat tujuan, hingga kembali ke tempat asal,” tutur Pusparani.

2. Kemenpar menganggap penting peningkatan SDM kepariwisataan

Gelar Pelatihan SDM, Kemenpar Genjot Skill Pemandu Wisata di Kendal IDN Times/Kemenpar

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyan menjelaskan, peningkatan SDM kepariwisataan menjadi perhatian serius Kemenpar. Kegiatan tersebut penting dilakukan, mengingat pemandu wisata merupakan ujung tombak pelayanan bagi wisatawan.

“Dengan tercetaknya SDM yang andal, dapat dipastikan pariwisata Kendal akan makin bersinar. Dampak positifnya, tentu bisa memberi manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar. Kami berharap para pemandu ini dapat mengaplikasikan ilmunya untuk membuat nyaman wisatawan," kata Giri, diamini Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kemenpar, Wisnu Bawa Tarunajaya.

3. Pelatihan SDM kepariwisataan diharapkan menjadi tambahan pengetahuan bagi pemandu wisata

Gelar Pelatihan SDM, Kemenpar Genjot Skill Pemandu Wisata di Kendal IDN TImes/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Kendal ialah kawasan pendukung Borobudur yang merupakan destinasi super prioritas. Pelatihan yang digelar tersebut diharapkan menjadi tambahan “suplemen” bagi pemandu wisata di daerah setempat. Ia percaya, keberadaan pemandu wisata berperan penting dalam mendukung perkembangan pariwisata.

“Pariwisata Kendal atau Jawa Tengah pada umumnya, memang harus diperkuat dengan berbagai program yang optimal. Dengan pelatihan SDM kepariwisataan ini, dapat dipastikan pariwisata di daerah tersebut akan makin berkembang dan maju,” kata Menpar Arief.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya