Persiapan Makin Matang, Kemenpar Segera Gelar Tour de Bintan

Ajang ini akan kembali jadi sorotan dunia

Kementerian Pariwisata akan menggelar Tour de Bintan pada 29-31 Maret 2019. Persiapan gelaran tahunan ini makin matang karena dukungan besar pemerintah Bintan. Koordinasi dengan sejumlah pihak pun telah dilakukan, termasuk dengan Polres Bintan dan Satpol PP terkait keamanan bagi peserta.

Terkait perbaikan rute pertandingan juga telah selesai, seperti pembersihan jalan yang berpasir agar tidak membahayakan peserta.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Wan Rudy, mengatakan bahwa persiapan ajang balap sepeda ini sudah sekitar 80 persen.

“Kita ingin Tour de Bintan sukses digelar seperti tahun-tahun sebelumnya. Terlebih, event ini masih menjadi bagian dari seri dunia UCI Gran Fondo. Ini juga menjadi pertaruhan nama baik Indonesia karena banyak warga negara asing yang ikut sebagai peserta,” ujar Wan Rabu (20/3).

1. Sektor pariwisata daerah akan semakin dikenal

Persiapan Makin Matang, Kemenpar Segera Gelar Tour de BintanUnsplash/mbriney

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizky Handayani mengatakan bahwa gelaran Tour de Bintan akan berdampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi di daerah setempat secara langsung. Peserta juga akan melihat lebih dekat “wajah” dan menikmati semua sajian pariwisata Bintan, bahkan dengan keluarga masing-masing.

“Info yang kami dapat, hotel di tempat event berlangsung, yakni Bintan Lagoon, sudah full booking di jadwal perlombaan. Saya yakin hotel-hotel lain di sekitarnya juga demikian. Semua akan mendapat untung dari Tour de Bintan. Termasuk para pengusaha kuliner, nantinya bakal kebanjiran tamu,” ungkap Rizky.

2. Kategori yang akan dilombakan di Tour de Bintan

Persiapan Makin Matang, Kemenpar Segera Gelar Tour de BintanIDN Times/Kemenpar

Beberapa kelas atau kategori yang dilombakan di Tour de Bintan, antara lain Individual Time Trial yang menempuh jarak 17 km pada 23 Maret, Classic Class dengan jarak tempuh 144 km dan Challenge Class sepanjang 82 km pada 24 Maret, Century Class sejauh 111 km, serta Discovery Class dengan rute 55 km pada 25 Maret.

3. Peserta akan dimanjakan dengan keindahan alam Bintan

Persiapan Makin Matang, Kemenpar Segera Gelar Tour de Bintannirwanagardens.com

Asdep Bidang Pemasaran I Regional I Kemenpar Dessy Ruhati mengatakan, peserta akan mendapat keuntungan berlipat dari ajang Tour de Bintan ini. Selain bisa mengukir prestasi, mereka juga dapat menikmati keindahan alam dengan rute yang ditata lebih baik. Sejumlah resor kelas internasional yang mengagumkan pun tersedia.

“Acara tiga hari ini adalah tour lengkap dari pulau tropis dengan jalan-jalan pantainya yang menakjubkan, hutan hijau yang rimbun, dan desa-desa yang semarak berbaris di jalan-jalan untuk menyaksikan kecepatan dan warna-warni peserta,” ujarnya.

4. Sport tourism berhasil menarik wisman dari tahun ke tahun

Persiapan Makin Matang, Kemenpar Segera Gelar Tour de Bintantribunnews.com

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dari tahun ke tahun, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan mancanegara. Hal itu terlihat dari kunjungan wisman ke Bintan yang terus meningkat dan menjadi kabar baik bagi industri pariwisata setempat.

“Tour de Bintan adalah pembuka dari serangkaian event Bintan tahun 2019 yang masuk kategori sport tourism. Setelah Tour de Bintan, akan digelar Bintan Triathlon (7-9 Juni), Ironman Bintan (25 Agustus), Bintan Marathon (8 September), Bintan Golf Challenge (12 Oktober), dan Bintan KasmaRun (31 Desember). Semua potensial menarik wisman,”  tuturnya

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya