Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudik

Daftar kuliner ini akan memanjakan lidahmu #Kemenpar

Bogor, IDN Times – Selain hujan, Bogor juga dikenal dengan kulinernya yang nikmat. Kuliner khas Bogor wajib dipilih sebagai referensi utama di #PesonaKulinerLebaran2019. Kenikmatan kulinernya wajib dieksplorasi saat #PesonaMudik2019. Secara geografis, Bogor juga dekat dengan Jakarta.

“Ada banyak keunggulan yang ditawarkan Bogor saat Lebaran. Posisinya dekat Jakarta dan destinasinya banyak. Bogor juga terkenal dengan kulinernya yang nikmat. Semuanya nikmat dan autentik. Kuliner ini dibangun dari resep leluhur dengan beragam rempah terbaik Indonesia,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Dipilih sebagai referensi #PesonaKulinerLebaran2019, berikut rasa luar biasa yang ditawarkan Bogor:

1. Cungkring Pak Amat

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudikgotravelly.com

Cungkring merupakan olahan kaki sapi atau kikil. Rasanya juara. Apalagi, pendampingnya komplet. Ada kulit, urat, dan dampal. Dengan treatment khusus, olahan ini sangat lembut. Perebusannya enam jam dengan beragam rempah. Sebut saja kunyit dan bawang.

Penyajian cungkring bersama lontong dan keripik tempe. Cita rasanya makin nikmat dengan guyuran bumbu sate di atasnya. Silakan nikmati Cungkring ini di kedai Pak Jumat. Kedai ini juaranya olahan cungkring dan sudah beroperasi sejak 1975.

2. Sate Sumsum Pak Oo

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudikqraved.com

Pak Oo menawarkan kuliner yang tidak biasa. Variannya sate sumsum dan sate ginjal. Ada juga sate hati dengan potongannya yang khas. Daya tarik sate ini berada pada bumbu kacangnya yang legit. Sensasi pertama saat menggigit sate sumsum ialah kelembutannya. Untuk menikmati kuliner unik ini, silakan datang ke Jalan Surya Kencana Nomor 193, Bogor. Harga yang ditawarkan ramah. Untuk 10 tusuk sate sumsum dijual dengan harga Rp30 ribu.

3. Asinan Sedap Gedung Dalam

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat MudikTravelingyuk.com

Asinan Sedap Gedung Dalam merupakan kuliner Bogor ikonis yang melegenda dan bersejarah. Di tempat inilah sejarah eksistensi etnis Tionghoa di Bogor bisa dijejaki.

Gedung Dalam sudah berdiri sejak 1875 dan digunakan untuk menampung orang-orang bermarga Tan. Orang-orang Tionghoa yang berdaya ekonomi rendah juga mendapatkan tempat khusus di Gedung Dalam. Sementara itu, penggunaan gedung sebagai sentra jajan asinan dimulai dari 1970.

Anda bisa menikmati dua jenis asinan di Gedung Dalam, yakni asinan buah dan asinan sayur. Keduanya memiliki rasa yang pedas dan asam, tetapi tidak menyengat. Larutan yang dipakai untuk merendam buah tidak menusuk hidung karena pencampuran larutan dengan bahan buah atau sayur baru dilakukan ketika pengunjung datang dan memesannya.

Asinan buah berisi nanas, bangkuang, pepaya, dan ubi. Kadang juga dilengkapi salak dan apel pada musim tertentu. Untuk asinan sayur, bahan-bahan andalan Asinan Sedap Gedung Dalam terdiri dari kombinasi kol, timun, tauge dan wortel.

Harga asinan yang ditawarkan tidak lebih dari Rp25.000 untuk satu porsi. Jika ingin mencoba kuliner Bogor ini, silakan langkahkan kaki Anda ke Jalan Siliwangi No. 27, Bogor Timur. Asinan Sedap Gedung Dalam buka setiap hari mulai pukul 9.00-21.00 WIB.

4. Bakso Kikil Pak Jaka

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudikmeramuda.com

Soto Kikil Pak Jaka sangat populer. Kuliner ini selalu menjadi langganan artis dan para politikus. Lokasi kedainya di Gang Aut, Jalan Suryakencana, Bogor. Kedai ini menawarkan bakso dengan topping kikil sapi yang empuk. Seporsi bakso sapi dengan bihun, potongan kikil, taburan bawang goreng, dan seledri hanya dihargai Rp25 ribu.

Lebih spesial lagi, pengunjung dipersilahkan memilih sendiri kikilnya. Rasanya semakin nikmat saat kuah mendarat di lidah. Rasanya gurih, dengan tekstur kikil yang lembut.

5. Bir Kocok Abah Acep

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat MudikYoutube.com/Food Story

Meski namanya bir, minuman milik Abah Acep tanpa alkohol. Bir Kocok yang dimaksud ialah minuman jahe, kayu manis, cengkih, dan gula aren. Kedai ini beroperasi sejak 1965. Bir Kocok ini akan disajikan menurut pesanan. Sebelum disajikan, minuman ditaruh di teko aluminium lalu diberi es dan dikocok hingga berbuih.

Rasanya dijamin seru. Secara khusus, Bir Kocok bagus untuk kesehatan. Minuman ini bisa dipakai untuk mencegah masuk angin. Bila ingin menikmati Bir Kocok, silakan datang ke Jalan Suryakencana, Bogor.

6. Toge Goreng Ibu Hj Omah

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudikgotravelly.com

Kuliner ini bisa dijumpai di Jalan Sudirman Nomor 23A, Bogor. Kuliner ini memiliki bumbu utama tauco. Komposisi kuliner ini terdiri dari tauge rebus, kupat, mie kuning, dan potongan tahu kuning. Rasa uniknya muncul karena pengolahan mienya menggunakan kayu bakar.

Toge Goreng ini sudah lama beroperasi, yaitu mulai 1970-an. Setiap harinya, kedai ini dibuka pukul 07.00-17.00 WIB. Dengan keunikan rasanya, kedai ini selalu ramai pengunjung. Toge Goreng tetap bertahan di tengah gempuran kuliner modern dan kekinian.

7. Soto Mie Mang Ohim

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudikmyeatandtravelstory.wordpress.com

Soto Mie Mang Ohim merupakan salah satu kuliner nikmat di Bogor. Lokasi kedainya sangat strategis yakni di Jalan Taman Cimanggu Raya, Tanah Sereal, Bogor. Selain cita rasanya yang nikmat, soto mi ini terdiri dari daging, risol, dan bumbunya yang pas. Selain soto mi, ada juga varian soto bening, soto santan, dan soto hebat.

Selain soto, ada juga sup iga dan sup ayam. Harga seporsi kuliner ini berkisar Rp17 ribu hingga Rp23 ribu. Untuk minuman segarnya, ada es kelapa jeruk, es kelapa alpukat, dan es kelapa sirsak.

8. Dociang

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudikjajanpinggiran.blogspot.com

Dociang makin memperpanjang daftar kuliner nikmat di Bogor. Dociang secara prinsip hampir sama dengan kupat tahu atau lontong sayur. Isiannya terdiri dari pesor, tahu goreng, irisan kentang rebus, bumbu kacang, kecap, dan telur rebus. Namun, yang membedakan Dociang dengan kupat tahu ialah pesornya.

Pesor Dociang ialah ketupat. Ketupat di sini terbuat dari beras yang dibungkus dengan anyaman daun patat. Setelah terisi, lalu direbus hingga matang.

9. Soto Kuning

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat MudikTravelingyuk.com

Bogor banyak memiliki varian soto kuning. Salah satu yang terkenal ialah Soto Kuning Pak Yusuf di Gang Aut, Jalan Surya Kencana, Bogor. Meski kedainya sederhana, antrean pengunjungnya panjang. Mereka tertarik dengan cita rasa nikmatnya. Dalam seporsi soto terdiri dari potongan daging, kikil, paru, usus, serta lidah.

10. Death My Chocolate

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat Mudiklovelybogor.com

Berwisata ke Bogor memang banyak macamnya. Salah satu yang wajib dicoba ialah wisata kuliner dengan nuansa horor yang bisa dinikmati di Death by Chocolate & Spaghetti.

Kafe yang berdiri sejak 2006 ini awalnya belum 100 persen menyajikan suasana seram seperti sekarang. Namun, konsepnya makin dikukuhkan setelah cake andalannya, Death by Chocolate, yang gelap dan dihiasi garnish cokelat berbentuk nisan mendapat apresiasi banyak pengunjung.

Akan tetapi, bukan cuma suasananya yang bikin tempat ini layak untuk dikunjungi. Sesuai namanya, menu andalannya tentu saja berbagai cake, olahan cokelat lezat dan spageti nikmat yang bisa disajikan dengan berbagai cara. Salah satu yang menjadi favorit kebanyakan pengunjung ialah spaghetti schotel.

Jadi kalau Anda cukup bernyali merasakan nikmatnya cokelat yang satu ini, silakan langkahkan kaki anda ke Jalan Ceremai No. 22, Bogor Tengah.

11. Setelah berwisata kuliner di Bogor, jangan lupa ikuti lomba ini ya!

Yuk Berburu 10 Kuliner Khas Bogor Ini Saat MudikIDN TImes/Kemenpar

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya