Gala Dinner Festival Budaya Daerah Lestarikan Kuliner Jawa Barat

Di acara tersebut tersaji berbagai kuliner khas

Bogor, IDN Times - Gala Dinner Festival Budaya Daerah di Hotel Lorin Sentul, Jawa Barat, Sabtu (6/4) lalu menyajikan beragam kuliner khas Jawa Barat. Bupati Bogor, perwakilan Kementerian Pariwisata, dan 18 duta besar sahabat beserta para pejabat setempat menghadiri jamuan yang masuk dalam rangka agenda Festival Budaya Helaran Bogor 2019 tersebut.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Adella Raung mengatakan bahwa tauge goreng, soto mi, ikan asin sepat, sambal, dan lalapan yang dipadukan dengan kuliner tradisional lainnya tersedia dalam gala dinner tersebut.

1. Tauge goreng, salah satu makanan populer Jabodetabek

Gala Dinner Festival Budaya Daerah Lestarikan Kuliner Jawa Baratmagazine.job-like.com

Tauge goreng merupakan hidangan vegetarian dengan cita rasa gurih yang dibuat dengan cara menumis tauge bersama sedikit air panas. Irisan tahu, ketupat atau lontong, dan mi kuning kemudian ditambahkan ke tumisan tersebut. Semua racikan ini lalu disirami saus atau kuah kental gurih yang terbuat dari oncom.

“Makanan khas Kota Bogor ini biasanya disajikan sebagai makanan jalanan dan dijajakan menggunakan pikulan atau gerobak. Makanan ini cukup populer di Indonesia, terutama di daerah Jabodetabek,” ujarnya, Minggu (7/4).

2. Soto mi Bogor, rasanya makin pedas makin menggigit

Gala Dinner Festival Budaya Daerah Lestarikan Kuliner Jawa Barattheboxsceneproject.org

Untuk kuliner soto mi, Adella melanjutkan, diracik dengan campuran daging sapi, kikil, usus, urat, dan babat. Jangan lupa untuk menambahkan risol, kentang atau lobak rebus, mi kuning, tomat, dan kol yang dipadu dengan kuah, lalu ditaburi sajian tersebut dengan daun bawang dan seledri. Supaya makin komplet, emping melinjo bisa ditambahkan untuk memperkuat rasa.

Kuah soto mi Bogor terlihat lebih berwarna kemerahan dibanding kuah soto pada umumnya yang bening atau memakai santan. Warna ini timbul dari campuran cabai merah dalam bumbunya. Rasanya makin pedas makin menggigit karena disajikan dengan sambal yang merupakan campuran cabai rawit dan cuka. Untuk menambah kesegaran rasa, potongan jeruk limau wajib disajikan.

3. Ikan asin, lalapan, dan sambal satu paket lengkap kuliner bogor

Gala Dinner Festival Budaya Daerah Lestarikan Kuliner Jawa Baratalmirarr2.student.umm.ac.id

Kabid Pemasaran Area I Kementerian Pariwisata Wawan Gunawan menambahkan, sajian kuliner Bogor tidak lengkap jika ikan asin sepat, lalapan, dan sambal tidak tersedia. Ketiga kuliner pelengkap ini wajib ada, bahkan untuk menjamu tamu kehormatan.

Ikan asin sendiri merupakan lauk yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan garam. Dengan metode pengawetan ini, daging ikan yang biasanya membusuk dalam waktu singkat, dapat disimpan di suhu kamar untuk jangka waktu berbulan-bulan.

“Ikan asin biasanya disajikan satu paket dengan lalapan dan sambal. Untuk lalapan biasanya meliputi selada, kacang panjang, timun, tomat, daun pepaya, daun singkong, dan kemangi. Sayur-sayuran ini biasanya dihidangkan dalam keadaan mentah, kemudian ditambah dengan pelengkap sambal,” tuturnya.

Menpar Arief: Indonesia masih punya kuliner unggulan yang bisa dijual kepada para wisatawan

Gala Dinner Festival Budaya Daerah Lestarikan Kuliner Jawa BaratIDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, Indonesia memiliki banyak kuliner unggulan yang bisa dijual kepada para wisatawan. Oleh karena itu, kuliner merupakan bagian penting dari pariwisata Indonesia karena menjadi pertimbangan bagi wisatawan untuk menentukan destinasi wisata.

“Saat ini kuliner bukan hanya sebagai pelengkap, tetapi memiliki peran penting dalam menarik wisatawan. Rasanya kurang lengkap jika berkunjung ke suatu daerah tanpa mencicipi makanan khasnya. Saya sangat mengapresiasi gelaran FJB karena warisan kuliner nusantara memang harus dilestarikan,” tuturnya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya