Mahasiswa Poltekpar Medan Raih Juara II Duta Wisata Sabang 2019

Prestasi Azhar bisa jadi contoh bagi mahasiswa lain

Medan, IDN Times – Poltekpar Medan kembali menorehkan prestasi membanggakan melalui salah seorang mahasiswanya, Fachrul Azhar, dari Jurusan Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata. Azhar berhasil meraih Juara II Duta Wisata Sabang Tahun 2019 dalam acara Pemilihan Duta Wisata Sabang yang digelar pemerintah kota setempat pada 10-13 Juli 2019.  

Prestasi Azhar ini membanggakan Direktur Poltekpar Medan, Anwari Masatip. Ia berharap kesuksesan Azhar bisa memacu mahasiswa lain untuk berprestasi.  

“Saya bangga terhadap prestasi yang diraih para mahasiswa, seperti Azhar yang berhasil menjadi Juara II Duta Wisata Sabang 2019. Didukung dengan pelajaran pariwisata yang diperoleh di kampus, saya berharap Azhar mampu memberikan yang terbaik kepada Kota Sabang. Juga tentunya untuk kampus Poltekpar Medan melalui prestasi yang dicapai,” tutur Anwari, Senin  (15/7).

1. Milenial dapat mempromosikan destinasi wisata dengan telepon seluler

Mahasiswa Poltekpar Medan Raih Juara II Duta Wisata Sabang 2019unsplash.com/jamie452

Anwari menilai langkah Kota Sabang merangkul generasi milenial untuk mempromosikan pariwisata sangat tepat. Menurutnya, generasi milenial ialah media promosi yang sangat andal karena mereka mampu mempromosikan destinasi wisata hanya melalui satu genggaman tangan. Lebih tepatnya menggunakan telepon seluler. 

“Milenial saat ini lebih mengutamakan ulasan dari pada berita-berita yang disebar begitu saja untuk promosi. Hal ini berlaku untuk para wisatawan domestik maupun mancanegara,” kata Anwari.

2. Prestasi Azhar dapat membantu peningkatan promosi destinasi wisata di Sabang

Mahasiswa Poltekpar Medan Raih Juara II Duta Wisata Sabang 2019indonesia.travel

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri juga mengapresiasi prestasi Azhar. Beliau berharap prestasi tersebut mampu memberikan motivasi dan dampak positif bagi mahasiswa lain. Termasuk untuk peningkatan promosi destinasi wisata khususnya Kota Sabang.

“Sebagai duta wisata, Azhar harus memahami karakteristik dan potensi daerah, serta menyampaikan informasi tersebut kepada wisatawan dalam maupun luar negeri. Mereka juga memiliki tugas untuk menggencarkan promosi destinasi wisata unggulan daerah guna meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke Kota Sabang,” kata Giri Adnyani.

3. Kota Sabang dan potensinya harus dipromosikan

Mahasiswa Poltekpar Medan Raih Juara II Duta Wisata Sabang 2019IDN Times/Kemenpar

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya menilai, Kota Sabang banyak memiliki potensi wisata. Hal tersebut harus dipromosikan agar kunjungan wisata meningkat. Pemilihan Duta Wisata Kota Sabang mencakup kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan, mancakrida, dan bersih pantai.

"Selamat kepada para pemenang, para pemenang saya harapkan dapat menjadi duta wisata bagi daerah Sabang. Serta aktif mempromosikan pariwisata Indonesia khususnya Kota Sabang di media sosial masing-masing," ujar Menpar Arief Yahya.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya