Majalengka Youth Creation Festival 2019, Sajian Berkelas bagi Milenial

Event tersebut juga menggelar kompetisi e-sport

Majalengka, IDN Times - Majalengka Youth Creation Festival 2019 akan memberikan sajian berkelas kepada generasi milenial. Ada beragam kegiatan yang dapat dinikmati dari ajang tersebut, yakni lomba foto, lomba video, pertunjukan musik, produk kreatif, kuliner, hingga e-sport. Majalengka Youth Creation Festival 2019 digelar pada 22-24 November. Tema yang diangkat ialah ‘Colorfull of Majalengka’.

“Majalengka Youth Creation 2019 ini pestanya kaum milenial. Kontennya seru-seru dan kekinian sekali. Tahun ini juga untuk kali pertama digelar kompetisi e-sport. Agenda ini tentu menjadi wadah bagi para pencinta games. Apalagi, popularitas e-sport juga sedang naik,” ungkap Bupati Majalengka, Karna Sobahi, Kamis (3/10).

E-sport saat ini menjadi komoditas seksi di kalangan milenial. Indonesia pun menjadi pasar terbesar di Asia Pasifik. Nominal yang beredar mencapai US$941 juta atau setara Rp13 triliun. Hal tersebut tidak lepas dari penetrasi besar e-sport melalui ranah Game Mobile. Jadi, tidak lagi identik dengan game di PC atau konsol. Untuk pasar global tumbuh 9,6% dengan nilai komersial US$152 miliar.

E-sport menjadi salah satu daya tarik event. Dengan besarnya potensi, kami tertarik mengembangkan e-sport di sini. Meski demikian, kami tetap menampung beragam kreativitas yang berkembang. Dengan beragamnya daya tarik Majalengka, kami yakin pergerakan wisatawan akan besar di sini. Pariwisata pun akan terus tumbuh di masa mendatang,” lanjut Karna.

1. Majalengka Youth Creation merupakan event yang menarik

Majalengka Youth Creation Festival 2019, Sajian Berkelas bagi MilenialIDN Times/Kemenpar

Buat kalian pencinta fotografi, silakan ikut lomba foto. Hadiah total yang disediakan Rp5 juta. Rinciannya, juara I diapresiasi Rp2 juta, juara II sebesar Rp1,5 juta, dan juara III mendapat hadiah Rp1 juta, serta Rp500 ribu bagi karya favorit. 

Kadisparbud Majalengka Gatot Sulaeman mengatakan bahwa Majalengka Youth Creation merupakan event yang menarik. “Majalengka Youth Creation 2019 merupakan event ramah bagi kids zaman now sebab ada beragam konten kekinian yang disajikan. Mereka tinggal berkreasi lalu pulang membawa gelar juara, seperti pada lomba foto. Hadiahnya cukup menarik dengan proses simpel. Hanya perlu siapkan kamera lalu cari angle terbaik. Kami tunggu beragam karya kreatif tersebut,” katanya.

2. Majalengka Youth Creation 2019 juga memajang aneka kuliner khas daerah

Majalengka Youth Creation Festival 2019, Sajian Berkelas bagi Milenialcookpad.com

Majalengka Youth Creation 2019 juga memajang aneka kuliner. Kota Angin memang memiliki beberapa kuliner khas, sebut saja jalakotek, mangga gedong gincu, juga oncom goreng. Majalengka juga terkenal dengan produk kecap, ampas kecap, gula cakar, tutut, dan kalua jeruk.

“Majalengka tahu bagaimana mengoptimalkan potensi. Majalengka memiliki beragam produk kreatif dan kuliner. Komposisi tersebut ideal untuk menarik wisatawan milenial. Pangsa pasarnya besar dan event ini akan mengatrol pergerakan wisatawan milenial di Majalengka,” papar Asisten Deputi Strategi dan Komunikasi Pemasaran I Kementerian Pariwisata Hariyanto.

3. Majalengka destinasi ideal bagi wisatawan milenial

Majalengka Youth Creation Festival 2019, Sajian Berkelas bagi MilenialIDN Times/Kemenpar

Kaum milenial menjadi pasar yang seksi. Tren traveller milenial punya kontribusi hingga 51% terhadap pasar pariwisata dunia. Merujuk data UNDESA 2014, Asia menjadi rumah bagi populasi milenial hingga 2030. Sebanyak 57% milenial ada di Asia. Sebaran kaum milenial terbesar berada di Tiongkok dengan jumlah 333 juta orang. Indonesia memiliki potensi pertumbuhan 82 juta milenial, lalu ada 42 juta milenial di Filipina.

Pada 2019 ini, potensi pasar milenial mancanegara yang dioptimalkan diproyeksikan 6 juta hingga 7 juta orang. Jumlah ini sepertiga dari target wisman 2019. Adapun pergerakan milenial lokal diperkirakan mencapai 28 juta orang. 

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerangkan bahwa Majalengka destinasi ideal bagi wisatawan milenial. “Majalengka Youth Creation 2019 menegaskan posisi Majalengka sebagai destinasi ramah milenial. Pasar ini sangat menarik dan menjanjikan. Kami sangat yakin pergerakan wisatawan, khususnya milenial akan terus tumbuh kompetitif di Majalengka,” tutup Menpar Terbaik ASEAN.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya