Kemenpar Beri Penghargaan Industri Serta Tokoh Kuliner Indonesia  

Saatnya kuliner jadi produk pariwisata unggulan

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pariwisata terus memacu pertumbuhan wisata kuliner sebagai produk pariwisata unggulan. Produk ini dirasa paling mudah didorong untuk go international. Terlebih,  Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa dan menyebar hingga ke seluruh pelosok Nusantara. Itu semua didukung kuat oleh industri kuliner Indonesia. Termasuk, diaspora di mancanegara.

1. Program Wonderful Indonesia Gastronomy Forum 2018

Kemenpar Beri Penghargaan Industri Serta Tokoh Kuliner Indonesia  indopos.com

Dalam kesempatan itu, 100 restoran diaspora di luar negeri bersinergi lewat co-branding dengan Kementerian Pariwisata. Program tersebut digelar di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (22/11) dengan dihadiri Menpar Arief Yahya dan Menlu Retno Marsudi.

2. Mengapresiasi industri wisata kuliner Indonesia

Kemenpar Beri Penghargaan Industri Serta Tokoh Kuliner Indonesia  Alidesta

Kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan langkah Kemenpar dengan restoran Indonesia milik diaspora di mancanegara. Sekaligus merupakan bentuk apresiasi bagi para pelaku dalam industri wisata kuliner di Indonesia.

Apresiasi besar juga diberikan untuk berbagai pencapaian lainnya. Bukan hanya restoran yang berprestasi tetapi juga tokoh perorangan. Untuk para pelaku industri, Kemenpar memberikan penghargaan Restaurant Local Appreciation. Ini adalah sebuah penghargaan bagi restoran di Indonesia yang telah memenangkan berbagai penghargaan internasional, di mana kesuksesan mereka di kancah internasional telah membantu pemerintah untuk menarik wisatawan mancanegara hadir ke Indonesia.

3. Daftar nama restoran yang berhak dapatkan Restaurant Local Appreciation

Kemenpar Beri Penghargaan Industri Serta Tokoh Kuliner Indonesia  thehoneycombers.com

Ada 7 restoran Indonesia yang mendapat Restaurant Local Appreciation; 5 resto di antaranya berasal dari Bali dan 2 lainnya berasal dari Jakarta.

"Dengan berbagai penghargaan tingkat dunia yang mereka dapatkan semakin mengangkat nama besar wisata kuliner Indonesia. Dari Bali ada Locavore, Mozaic, Sarong Group, Room4Dessert, serta Blanco Par Mandiff  dan dari Jakarta ada Amuz, Nusa Gastronomy" terang Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar, Vita Datau Messakh.

4. Culinary Ambassador Appreciation: Penghargaan untuk tokoh kuliner

Kemenpar Beri Penghargaan Industri Serta Tokoh Kuliner Indonesia  IDN Times/Kemenpar

Selain itu ada juga Culinary Ambassador Appreciation, yaitu penghargaan bagi tokoh kuliner yang tidak pernah lelah untuk mempromosikan kekayaan kuliner nusantara ke dunia. Mereka adalah Ibu Sri Owen, UK; Chef Agus Hermawan dari Ron Gastrobar, Belanda; Chef Yono Purnomo dari Yono’s Indonesian; Fine Dining, Amerika Serikat, serta Chef William Wongso, Indonesia.

5. Penghargaan spesial untuk mendiang Bondan Winarno

Kemenpar Beri Penghargaan Industri Serta Tokoh Kuliner Indonesia  kompasiana.com

"Lifetime Achievement Appreciation yakni sebuah penghargaan yang diberikan kepada Alm. Bondan Winarno yang telah berjasa  menjadi inisiator berkembangnya wisata kuliner di Indonesia dan mempopulerkan konsep wisata kuliner melalui berbagai program TV dan buku panduan wisata kuliner. Beliau juga mendorong perkembangan rumah makan tujuan wisata kuliner di nusantara hingga mengembangkan salah satu komunitas kuliner terbesar di Indonesia," tutur Vita.

"Penghargaan memiliki tiga makna, yang sering saya sebut sebagai 3C. Menaikkan confidence, meningkatkan credibility, dan berfungsi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat kuliner kita. Sekaligus menjadi motivasi bagi industri untuk berprestasi lebih baik lagi," tambah Arief Yahya, Menteri Pariwisata.

Topik:

  • Karsa Adiguna

Berita Terkini Lainnya