Toraja International Festival Berikan Pengalaman yang Tak Terlupakan

Pengalaman seru akan didapat saat ke Toraja

Makassar, IDN Times - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan salah satu hal terpenting untuk mengangkat destinasi wisata ialah 3A (aksesibilitas, atraksi, dan amenitas). Hal itulah yang terdapat di Toraja International Festival 2019.

“Atraksi Toraja tidak perlu diragukan karena mereka sangat menjaga warisan budaya secara turun-temurun. Itu menjadi atraksi yang luar biasa. Amenitas juga memadai dengan banyaknya pilihan untuk bermalam. Yang menarik adalah akses. Menuju Toraja tidak sulit. Ada pilihan udara dan darat. Tinggal menyesuaikan saja. Yang pasti kalian harus menyaksikan Toraja International Festival 2019,” papar mantan Dirut PT Telkom itu.

Dengan demikian, jangan pernah ragu melangkahkan kaki ke Toraja International Festival 2019 karena event tersebut sangat oke. Akses menuju Toraja juga keren. Banyak pengalaman baru yang bisa didapatkan dan tentunya tak akan terlupakan dari perjalanan ke Toraja.

1. Toraja memiliki akses yang punya pengalaman asyik masing-masing

Toraja International Festival Berikan Pengalaman yang Tak TerlupakanIDN Times/Kemenpar

Seperti yang diungkapkan Menpar Arief bahwa Toraja bisa dicapai lewat dua akses, yakni udara dan darat. Lewat udara, kita harus naik pesawat jenis ATR dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara Lagaligo di Tana Toraja. Perjalanannya pun ditempuh sekitar 2 hingga 3 jam.

Alternatif kedua melalui jalan darat. Perjalanannya memang jauh dan bisa memakan waktu hingga 8 jam dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Namun, tidak perlu khawatir karena dalam perjalanan kita akan menemui banyak hal baru.

Staf Khusus Menpar Bidang Media dan Komunikasi Don Kardono mengatakan, perjalanan ke Toraja akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan.

“Kalau kalian tidak sedang diburu waktu, ada baiknya mencoba jalur darat ke Toraja. Jaraknya memang jauh, tapi apa yang kalian dapat sangat sepadan. Ada kuliner, destinasi, dan masih banyak lagi. Pengalaman ini yang tidak akan kalian lupakan,” papar Don Kardono, hari ini.

2. Soal urusan perut, jangan lupakan Coto Makassar

Toraja International Festival Berikan Pengalaman yang Tak Terlupakanmaxnyoos.com

Sebelum mengawali perjalanan, ada baiknya kita mengisi perut. Kuliner yang disarankan pun tentu makanan khas Sulawesi Selatan, yakni Coto Makassar. Akan tetapi, kita juga bisa mendapatkan Iga Bakar. Dua makanan itu sangat mudah dicari. 

Sesudah itu, kita juga akan mendapati salah satu destinasi wisata paling favorit di Sulawesi Selatan, yaitu Ramang-Ramang di Maros. Destinasi wisata ini ialah gugusan gunung karst. Namun, bentuknya sangat indah. Sangat instagramable. Keindahan Ramang-Ramang terbentuk secara alamiah.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani mengatakan, pelancong yang akan menuju Toraja disarankan mampir di Ramang-Ramang.

“Gugusan gunung karst ini akan menemani perjalanan wisatawan ke Toraja. Ia terlihat sangat indah jalan. Tapi saya menyarankan agar wisatawan mampir ke destinasi ini. Jangan lewatkan kesempatan berfoto atau mengeksplorasi Ramang-Ramang,” tuturnya.

Setelah puas mengeksplorasi Ramang-Ramang, kita bisa melanjutkan perjalanan. Hamparan rumah adat akan menjadi pemandangan yang rutin didapat.

3. Teras Empang ada spot yang menarik, yaitu pertemuan sungai dan laut

Toraja International Festival Berikan Pengalaman yang Tak Terlupakanlikesulsel.com/Abdillah

Begitu memasuki wilayah Pare-Pare, giliran pantai yang akan kita temui. Wilayahnya cukup untuk melepas penat. Namun, jika ingin berhenti untuk rehat, disarankan ke Teras Empang.

Teras Empang ialah tempat kuliner. Di sana ada spot pertemuan sungai dan laut. Salah satu menu khas yang ditawarkan ialah Es Poteng, yaitu minuman yang terbuat dari poteng atau tape singkong, dicampur sirup yang khas.

Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty, menceritakan bahwa hal-hal seperti inilah yang membuat Toraja International Festival menjadi seru.

“Secara atraksi, Toraja International Festival tidak perlu diragukan karena telah melewati masa kurasi. Yang membuat seru, pengalaman akan didapat sejak kita mendarat di Makassar hingga perjalanan menuju Toraja,” katanya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya