Comscore Tracker

Desa Wisata Sitiwinangun, Surganya Kerajinan Gerabah Berkualitas

Gerabah disulap jadi kreativitas bernilai daya jual

Cirebon, IDN Times - Desa Sitiwinangun, Kecamatan Jamblang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, segera menjadi desa wisata berbasis budaya. Peresmiannya akan dilakukan oleh Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat, Kamis (22/11) dengan mengaitkan kegiatan produksi masal gerabah di rumah gerabah yang ada di desa itu.

Rencanya, di rumah gerabah ini, dulu pernah bekerja 1000 pengrajin. Tetapi tahun 2016 tinggal 30 pengrajin. Melihat kemerosotan produksi dan tenaga pengrajin ini, Arief berinisiatif menjalin kerjasama dengan Kepala Desa Sitiwinangun. Hingga saat ini kondisinya telah terdapat 70 pengrajin yang mencetus penghasilan gabah meningkat 100 persen. Hebat!

1. Kerajinan gerabah menyentuh pasar kalangan pengelola hotel dan restoran

Desa Wisata Sitiwinangun, Surganya Kerajinan Gerabah Berkualitasitjeher.com

Dalam kesempatan yang sama, Arief Natadiningrat menambahkan, Keraton Kasepuhan akan mengembangkan usaha ini dari segi pemidalan, pembinaan, dan promosi. Nantinya, akan dilakukan pengembangan desain, kepariwisataan, promosi dan publikasi ke seluruh pemangku kepentingan.

"Terutama ke kalangan pengelola hotel dan restoran. Kami juga akan memperkenalkan dan melibatkan lingkungan sekolah untuk mengenal, terampil, dan terlibat dalam pengembangan kerajinan gerabah ini," tuturnya.

2. Desa wisata berbasis budaya

Desa Wisata Sitiwinangun, Surganya Kerajinan Gerabah Berkualitasmerahputih.com

Desa yang berlokasi sekitar 15 kilometer ke arah barat Kota Cirebon, sebenarnya sudah ratusan tahun kondang sebagai sentra pembuatan gerabah. Jauh sebelum Cirebon dikenal dengan batik atau industri rotannya.

Tidak heran, bila cocok diberi julukan desa  wisata berbasis budaya. Selain belanja aneka macam jenis produk gerabah, wisatawan juga tertarik untuk sekedar belajar membuat produk gerabah sederhana.

3. Produk kerajinan gerabah variatif

Desa Wisata Sitiwinangun, Surganya Kerajinan Gerabah Berkualitasgerabahsitiwinanguncirebon.blogspot.com

Produk kerajinan gerabah yang tersedia sekarang ini beragam. Mulai dari gantungan kunci yang harganya Rp 3.000 per buah, sampai patung semar yang harganya mencapai Rp 3 juta. Gokil!

4. Paket wisata mengenal lebih jelas kerajinan gerabah

Desa Wisata Sitiwinangun, Surganya Kerajinan Gerabah Berkualitasidntimes/kemenpar

Ada dua paket wisata yang ditawarkan di Desa Sitiwinangun. Paket pertama yang hanya berkeliling ke sejumlah pengrajin dan melihat proses pembuatan gerabah. Sedangkan paket kedua, berkeliling kemudian diakhiri dengan belajar membuat gerabah.

"Kebudayaan semakin dilestarikan, akan semakin menyejahterakan masyarakat. Apalagi, di desa wisata Sitiwinangun ini juga terdapat spot wisata yang bisa dinikmati," pesan Menpar, Arief Yahya.

Topic:

  • Ajeng
  • Vika Widya Alfianti

Just For You