Yuk Datang ke Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 di CFD Jakarta    

Ada sesi lomba foto dengan hadiah menarik di acara ini

Jakarta, IDN Times – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) akan mempromosikan Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 dalam kegiatan car free day (CFD) yang akan berlangsung di Park & Ride Thamrin, Minggu (14/4) mulai pukul 06.00 WIB.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan, kegiatan tersebut pasti berlangsung seru karena panitia akan menghadirkan influencer Aries Lukman dari iPhonesia yang bakal berbagi tips memotret dan sharing soal Lombok dan Sumbawa.

“Pecinta fotografi di Jakarta pasti nyesel banget kalau melewatkan kegiatan CFD yang keren ini. Apalagi, akan ada sesi lomba foto dengan hadiah menarik. Jadi setelah peserta mendapatkan tips memotret yang baik, mereka bisa langsung menerapkannya dengan mengikuti lomba foto tersebut,” ujarnya, Jumat (12/4).

1. Selain ada lombo fotografi, Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 nanti bakal diisi dengan talkshow

Yuk Datang ke Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 di CFD Jakarta    IDN Times/Kemenpar

Tidak hanya Aries Lukman, panitia juga akan mengajak Ahmad Renaldi untuk berpartisipasi dalam talkshow di Pesona Lombok Sumbawa pada kegiaran CFD di Jakarta. Serunya lagi, Ahmad Renaldi baru saja kembali dari Lombok dan Sumbawa sehingga banyak cerita menarik yang bakal ia bagikan dalam talkshow nanti.

“Kemeriahan CFD Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 juga akan diisi dengan gelaran tari lenggo NTB, di mana ini adalah tarian tradisional yang berasal dari Bima. Tari ini dibagi menjadi dua, yakni tari lenggo Melayu dan tari lenggo Mbojo,” tutur Rizki.

2. Gelaran tari lenggo NTB juga akan hadir di Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019

Yuk Datang ke Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 di CFD Jakarta    Budayanusantara.web.id

Tari lenggo merupakan tari klasik yang berkembang di lingkungan istana Kerajaan Bima dan hanya dipertunjukkan pada acara tertentu. Untuk tari lenggo Melayu dilakukan oleh pria, sedangkan tari lenggo Mbojo dilakukan oleh wanita. 

Tari lenggo ini biasanya dilakukan oleh empat hingga enam penari yang diiringi alat musik silu, gendang besar, gong, dan tawa-tawa. Nantinya, baik pria maupun wanita akan mengenakan kostum berwarna cerah sehingga tarian ini akan terlihat semakin indah. Tari lenggo masih sering dipertunjukkan sebagai bagian dari upacara tradisional dan di beberapa acara penyambutan tamu penting dan festival budaya.

3. Nantinya Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 bakal diselenggarakan di NTB selama 18 hari

Yuk Datang ke Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 di CFD Jakarta    IDN Times/Kemenpar

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, ada beberapa fakta menarik dalam Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019, antara lain, kegiatan tersebut akan diselenggarakan selama 18 hari, mulai 8-25 Mei mendatang. Panitia bakal menghadirkan ragam acara menarik di dalamnya, seperti bazar, aneka lomba, talkshow, dan kegiatan sosial.

“Pada kegiatan tersebut, Pemprov NTB juga akan mengundang para Imam Besar dari empat negara Timur Tengah. Yang pasti, Khazanah Ramadhan Lombok Sumbawa 2019 tercatat sebagai bagian dari 100 atraksi wisata terbaik Indonesia, khususnya dalam 100 Calendar of Events 2019,” tutur Menpar Arief.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya