Siberkreasi dan Kominfo Buka Kelas Podcast Bertema Gaming

Jadi bagian dari program sepanjang tahun

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, dan Spotify menghadirkan Kelas Podcast Gaming yang dimulai dari 9 hingga 24 April 2022.

Rizki Ameliah, selaku Koordinator Literasi Digital Kementerian Kominfo mengatakan, seri podcast gaming tersebut bertujuan untuk memperkenalkan podcast sebagai sarana yang
informatif dan mendidik untuk para gamers, kreator, dan juga developers di Indonesia.

Sejalan dengan kampanye #MakinCakapDigital, Kemenkominfo juga mengajak masyarakat untuk kreatif menciptakan lebih banyak konten gaming dalam bentuk podcast yang positif dan menghibur.

“Kami melihat industri gaming di Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Di sisi lain, pendengar podcast juga mengalami pertumbuhan yang signifikan sejak 2017. Menggabungkan kedua unsur tersebut, diharapkan akan membuka berbagai kesempatan baru untuk komunitas gaming di Indonesia,” ujar Rizki.

1. Orang Indonesia habiskan waktu rata-rata 8.54 jam per minggu untuk bermain game

Siberkreasi dan Kominfo Buka Kelas Podcast Bertema GamingIlustrasi bermain game online (gadgetbytenepal.com)

Menurut laporan yang di publikasikan oleh Limelight Networks pada 2021, 69.2 persen warga Indonesia yang disurvei lebih memilih untuk bermain game daripada menonton televisi ataupun film.

Selain itu, juga terdapat 78.8 persen warga Indonesia yang secara sukarela mengalokasikan waktu luang untuk menonton konten-konten gaming di platform online seperti Twitch dan YouTube. 

Laporan tersebut juga memperlihatkan frekuensi gaming di mana orang Indonesia menghabiskan rata-rata 8.54 jam per minggu bermain game, menempatkan Indonesia di posisi ke-4 (dari 7 negara yang di survei) setelah Cina, Jerman, dan India.

Baca Juga: Kolaborasi Kominfo dan KIC: Indeks Literasi Digital Indonesia Naik 

2. Besarnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap budaya gaming

Siberkreasi dan Kominfo Buka Kelas Podcast Bertema Gamingkabar24.bisnis.com

Ketergantungan masyarakat terhadap gim ini juga terjadi pada saat jam kerja. Setidaknya ada 22.9 persen warga Indonesia yang mengakui, bahwa dalam satu kali seminggu mereka bermain game di tempat kerja.

Rizki pun menilai, hal tersebut memperlihatkan besarnya ketertarikan masyarakat Indonesia terhadap budaya gaming

"Walaupun kita memiliki potensial yang besar, kita juga menghadapi tantangan tersendiri terkait literasi digital masyarakat. Mengingat hal ini, kita mengharapkan seri podcast gaming ini dapat dengan efektif menaikkan literasi digital di Indonesia dan menghasilkan kreator-kreator konten baru di industri e-sport,” ujarnya.

3. Mengundang komunitas gaming terkemuka sebagai pembicara

Siberkreasi dan Kominfo Buka Kelas Podcast Bertema GamingKementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, dan Spotify menghadirkan Kelas Podcast Gaming yang dimulai dari 9 hingga 24 April 2022. (Dok. Kominfo)

Seri podcast gaming ini akan dibagi menjadi 6 sesi di mana setiap sesi akan berfokus kepada topik-topik antara lain:

  1. Lanskap Podcast Game Indonesia di Era Media Baru
  2. Budaya Mendengar dan Peluang Podcast Game
  3. Developer Game dan Ruang Bersuara yang Aman
  4. Dari Player ke Kreator yang Beretika
  5. Ekspansi Podcast Game ke Media Lain
  6. Masa Depan Podcast Game di Indonesia

Keenam seri ini akan diadakan secara daring dan bakal mengundang komunitas gaming yang beragam dan terkemuka sebagai pembicara tamu, di antaranya Asosiasi Game Indonesia, ESPL Indonesia, Asosiasi Game Media Indonesia, Komunitas GGWP E-Sports, dan GIMBOT.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai dan acara literasi digital GNLD Siberkreasi lainnya, kamu dapat mengunjungi http://info.literasidigital.id dan mengikuti @siberkreasi di sosial media. Nah, buat yang tertarik ikutan seri podcast gaming kamu bisa langsung mendaftarkan diri melalui https://s.id/siniargame ya!

Baca Juga: Jelajah Lanskap Digital Melalui Literasi Digital Netizen Fair

Topik:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya