Comscore Tracker

Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Indonesia Makin Cakap Digital

Melalui Literasi Digital Netizen Fair 2021

Jakarta, IDN Times -- Saat ini Indonesia sedang menjalankan agenda nasional transformasi digital yang diimplementasikan melalui percepatan perluasan infrastruktur digital di seluruh penjuru negeri yang juga diimbangi dengan penyiapan sumber daya manusia talenta digital. 

Merespon kebutuhan tersebut, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang tahun ini akan menjangkau setidaknya 12,5 juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia. Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara luring maupun daring yang mengacu pada empat pilar literasi digital, yaitu: Kecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

1. Perluas potensi di ruang digital

Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Indonesia Makin Cakap DigitalDok. Kominfo

“Memasuki era baru dimana realitas bukan saja di ruang fisik tapi juga ruang digital, maka melalui Literasi Digital Nasional masyarakat dapat memperluas potensi yang bisa dilakukan di ruang digital,” ujar Semuel Pangerapan, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo.

Bertempat di berbagai ibukota provinsi, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menyelenggarakan Literasi Digital Netizen Fair 2021. 

2. Dihadiri lebih dari 10 ribu peserta

Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Indonesia Makin Cakap DigitalCANVA

Kegiatan ini dihadiri oleh 1000 peserta secara langsung dan lebih dari 10.000 peserta secara daring di berbagai Ibu Kota Provinsi Indonesia yang diadakan secara serentak pada tanggal 23-24 November 2021.

 Dalam kegiatan tersebut, terdapat kelas-kelas, talkshow interaktif yang akan membahas pilar-pilar literasi digital serta isu-isu relevan, juga berbagai ruang pamer dari komunitas-komunitas lokal.

3. Literasi Digital Netizen Fair 2021 di Kota Banjarmasin

Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Indonesia Makin Cakap DigitalDok. Kominfo

Kota Banjarmasin menjadi salah satu kota yang terpilih untuk diselenggarakannya Literasi Digital Netizen Fair 2021. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel G’Sign Banjarmasin yang dibuka oleh perwakilan pemerintah daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Bapak H. Faried Fakhmansyah, SP., MP selaku Staf Ahli Gubernur bidang Perekonomian dan Pembangunan yang mewakili Gubernur Kalimantan Selatan. Selain itu, Menteri Kementerian Kominfo, Bapak Johnny G. Plate; Dirjen Aptika Kominfo, Bapak Semuel Abrijani Pangerapan; dan Walikota Banjarmasin, Bapak H. Ibnu Sina S.Pi., M.Si turut memberikan sambutan pembuka secara virtual.

Pada hari pertama, terdapat dua sesi talkshow Ngobrolin Literasi Digital yang mengangkat tema “Mengenal Lanskap Digital” dan “Netiket Masyarakat Digital” juga terdapat kelas Netizen Talks yang mengangkat tema “Cek Fakta yang Nyata”. Sementara itu, di hari kedua pelaksanaan kegiatan ini juga diisi oleh dua sesi talkshow Ngobrolin Literasi Digital dengan tema “Teknologi Merajut Toleransi” dan “Aman, Nyaman dan Kreatif di Internet” juga kelas Netizen Talks dengan tema “Mengasah Public Digital Speaking”. Setiap kelas dan talkshow yang dihadirkan pada kegiatan ini diisi oleh narasumber-narasumber yang ahli di bidang literasi digital.

Tidak hanya memberikan kelas dan talkshow literasi digital kepada peserta, kegiatan ini juga menyuguhkan penampilan-penampilan menarik dari komika, band dan penyanyi tanah air. Tidak heran bila kegiatan ini banyak diminati oleh peserta, karena pada kegiatan ini peserta mendapatkan pengetahuan baru mengenai literasi digital juga mendapatkan entertainment secara gratis. (WEB)

Topic:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya