Comscore Tracker

Literasi Digital untuk Mahasiswa Bersama Universitas Hindu Indonesia

Literasi Keuangan di Era Revolusi 4.0

Denpasar, IDN Times -- Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan GNLD Siberkreasi tengah menyelenggarakan salah satu kegiatan program Literasi Digital, yaitu Mahasiswa Makin Cakap Digital dengan tema “Literasi Keuangan di Era Revolusi 4.0”.

Bekerjasama dengan Universitas Hindu Indonesia, khususnya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Pariwisata kegiatan ini berhasil memikat banyak antusias masyarakat. Lebih dari dari 1000 mahasiswa/i maupun dosen ikut bergabung secara daring dan kegiatan ini juga diikuti oleh 50 peserta yang hadir secara langsung di tempat acara berlangsung, yaitu di Kampus Universitas Hindu Indonesia. 

1. Mengundang narasumber menarik

Literasi Digital untuk Mahasiswa Bersama Universitas Hindu IndonesiaInstagram.com/nicsastr

Dengan pengemasan tema yang menarik dan relevan untuk kalangan mahasiswa/i, Kementerian Kominfo dan Siberkreasi juga mengundang narasumber-narasumber yang menarik dan kompeten sesuai dengan tema yang diangkat, seperti Donny BU (Tenaga Ahli Menkominfo bidang Budaya Digital dan Tata Kelola); I Made Maswinartha (Kepala Sub Bagian Pengawasan IKNB OJK); Nicholas Saputra (Public Figure) dan Ria Templer (Founder  Utama Spice). 

Tidak hanya memberikan edukasi mengenai literasi keuangan saja, pada kegiatan ini juga dihadirkan workshop “UMKM Bali Makin Cakap Digital”. Hal ini dimaksudkan bahwa melalui kegiatan ini mahasiswa/i mendapatkan edukasi mengenai literasi keuangan di era digital dan juga bagaimana cara memanfaatkan teknologi digital sehingga menghasilkan keuntungan.

Seperti apa yang sampaikan oleh bapak Dr. Cokorda Gde Bayu Putra, SE, M.Si, CMA, selaku dosen dan ketua panitia kegiatan dari Universitas Hindu Indonesia saat memberikan laporan kegiatan, dikatakan bahwa edukasi literasi digital menjadi hal penting yang harus diberikan kepada mahasiswa/i agar untuk memberikan pengetahuan dan membangun kesadaran mahasiswa mengenai pentingnya penerapan literasi digital.

2. Diberikan pengetahuan cara aman lakukan pinjaman online dan pentingnya privasi di ranah digital

Literasi Digital untuk Mahasiswa Bersama Universitas Hindu IndonesiaDok. Kominfo

Melalui kelas Literasi Keuangan yang dipandu oleh Ida I Dewa A Yayati Wilyadewi (Ketua Inkubator Bisnis UNHI) dan diisi oleh Donny BU, I Made Maswinartha, dan Nicholas Saputra, para peserta disuguhkan pengetahuan-pengetahuan akan literasi digital khususnya cara aman melakukan pinjaman online dan pentingnya privasi di ranah digital. 

Untuk kelas workshop UMKM, kelas ini dipandu oleh Iwan Setiawan (CEO Provetics) dan diisi oleh Ria Templer dan Nicholas Saputra, melalui kelas ini para peserta disuguhkan pengalaman menarik dari keberhasilan Ria Templer memajukan bisnisnya dan juga peserta disuguhkan tips dan trik memulai bisnis online.

3. Tambah pengetahuan literasi digital

Literasi Digital untuk Mahasiswa Bersama Universitas Hindu IndonesiaTalkshow literasi digital dengan tema "Digital Fatigue: Dampak Psikologis dan Fisiologis dari Penggunaan Teknologi Selama Masa Pandemik". (Dok. Kominfo)

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan masyarakat, khususnya mahasiswa/i dan tenaga didik dapat menambah pengetahuan mengenai literasi digital dan memanfaatkan teknologi digital secara maksimal. Kementerian Kominfo bersama Siberkreasi terus terus berusaha untuk memberikan literasi digital kepada masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, nantikan dan ikuti webinar literasi digital lainnya dengan tema dan bintang tamu yang menarik. Untuk mendapatkan informasi dan mengikuti kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya, ikuti akun sosial media @siberkreasi atau mengakses info.siberkreasi.id.

Topic:

  • Jordi Farhansyah

Berita Terkini Lainnya