Comscore Tracker

Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Kota Sorong

Mendorong pemanfaatan teknologi digital

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama GNLD Siberkreasi mengadakan rangkaian kegiatan Pekan Literasi Digital yang dibuka di Kota Sorong, Papua Barat.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian acara yang diadakan dalam menyambut Siberkreasi Netizen Fair. Dalam pelaksanaannya, Pekan Literasi Digital berlangsung selama dua hari secara hybrid di Swissbel-Hotel Sorong, dan dihadiri oleh kurang lebih 600 peserta secara daring dan luring.

1. Kota Sorong miliki potensi yang besar

Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Kota SorongPekan Literasi Digital di Kota Sorong, Papu Barat. (Dok. Kominfo)

Wali Kota Sorong Lambert Jitmau dalam sambutannya berharap kegiatan literasi digital ini dapat membagun kesadaran dan pengetahuan baru, khususnya meningkatkan keterampilan digital masyarakat di Kota Sorong dan di daerah Papua. 

“Transformasi digital harus disikapi dengan serius. Salah satu upayanya adalah penyiapan SDM di bidang digital, agar kita siap memahami menguasai peran teknologi dengan baik bagi pribadi, masyarakat, serta bangsa dan negara,” ujarnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menkominfo Donny B.U. menegaskan bahwa Kota Sorong memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Ia menilai, potensi literasi digital di Kota Sorong semakin signifikan untuk dikembangkan.

“Melalui acara hari ini, mari kita jadikan Kota Sorong sebagai tombak dan contoh bagi Indonesia, bagaimana kebersamaan antara komunitas, masyarakat sipil, mahasiswa, dapat menjadi lebih baik, menjadi makin cakap digital,” tutur Donny.

Baca Juga: Indonesia Makin Cakap Digital: Pentingnya Literasi Digital

2. Minimalisir risko keamanan digital

Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Kota SorongPekan Literasi Digital di Kota Sorong, Papu Barat. (Dok. Kominfo)

Di hari pertama, kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama yang bertajuk 'Ngobrolin Literasi Digital' bertujuan memperkenalkan wawasan dasar serta isu-isu terkait literasi digital ke peserta dan masyarakat Sorong.

Sesi ini dipandu oleh Putra Pattiwael dan dihadiri oleh tiga narasumber, yakni Donny B.U, Teguh Hidayat Iskandar Alam, Kepala LKPU UM Sorong, Siti Ashter, dan Pegiat UMKM.

Masing-masing narasumber membahas mengenai dasar-dasar penggunaan teknologi dalam berbagai bidang, seperti pemanfaatan media sosial untuk berbisnis, hingga kiat-kiat keamanan digital.

“Ada sekitar 345 juta pengguna mobile karena orang biasanya punya lebih dari satu HP. Sementara itu, berdasarkan data saya dapat dari BPS Kota Sorong, sebanyak 91 persen masyarakatnya sudah menggunakan internet. Literasi digital membuat kita meminimalisir risiko keamanan digital,” papar Teguh.

3. Mendorong kreativitas masyarakat Kota Sorong dalam menggunakan teknologi digital

Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Kota SorongKurikulum & Modul Literasi Digital. (IDN Times / Ridho Fauzan)

Sementara pada sesi selanjutnya membahas tentang cara memproduksi konten yang inspiratif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan awareness sekaligus mendorong kreativitas juga produktivitas masyarakat di Kota Sorong dalam menggunakan teknologi digital.

Sesi ini dipandu oleh Iwan Setyawan, dengan pemateri antara lain Nicholas Saputra, Rizki Ameliah selaku Koordinator Program Literasi Digital Kemenkominfo, dan Michael G. Buyung, Fotografer dan Videografer Profesional.

“Salah satu tujuan dari kelas ini adalah untuk meningkatkan kecakapan digital kita, salah satunya melalui fotografi, di mana teman-teman bisa foto bukan hanya dengan kamera yang canggih saja, tapi dengan HP pun bisa,” ucap Rizki.

Sedangkan menurut aktor kenamaan Nicholas Saputra, kemajuan teknologi ini memiliki dampak yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan benar. 

“Kemajuan teknologi ini seperti senjata, kalau dipakai dengan baik bisa empowering kita, memberikan kebaikan yang luar biasa, tetapi kalau tidak dipakai dengan baik juga mendatangkan hal buruk,” tutur Nicholas.

4. Adakan lomba produksi konten inspiratif

Kominfo Gelar Pekan Literasi Digital di Kota SorongKementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Program Literasi Digital Nasional bertajuk Indonesia Makin Cakap Digital di Basket Hall, Senayan, Jakarta, pada Kamis (20/5/2021). (Dok. Kominfo)

Diketahui, rangkaian acara Pekan Literasi Digital di Kota Sorong ini juga mengadakan Lomba Produksi Konten Inspiratif: Fotografi dengan berbagai hadiah yang menarik.

Pemenang lomba, akan diumumkan pada penutupan kegiatan esok siang. Selain itu, ada pula berbagai kegiatan serta kelas-kelas pelatihan terkait peningkatan kapasitas di bidang digital yang terbuka untuk umum dan gratis. Informasi lebih lanjut terkait kegiatan-kegiatan tersebut dapat diakses melalui info.literasidigital.id.

Baca Juga: Literasi Digital Inklusif bagi Teman Disabilitas di Forum SEA IGF 2021

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya