Comscore Tracker

Rayakan HUT RI, Pejabat dan Pegawai Kemenpora Kenakan Pakain Adat

Mengenakan adat saat upacara simbolisasi penguat persatuan

Jakarta, IDN Times - Berbagai instansi pemerintah merayakan  hari ulang tahun (HUT) ke-74 RI dengan menggelar upacara kemerdekaan. Tidak terkecuali dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). 

Pada upacara kemerdekaan Sabtu (17/8) tersebut, para pejabat dan pegawai di lingkungan kerja Kemenpora mengenakan pakaian adat khas daera-daerah di Nusantara ini.

Baca Juga: Pimpin Upacara HUT RI Kali Terakhir, Ketua KPK Minta Maaf dan Pamit

1. Pakaian adat yang digunakan dari berbagai daerah

Rayakan HUT RI, Pejabat dan Pegawai Kemenpora Kenakan Pakain AdatANTARA/Asep Firmansyah

Pakaian adat yang dikenakan oleh para pejabat dan pegawai Kemenpora tersebut ternyata digunakan dari baju adat berbagai daerah, seperti dari Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Betawi, hingga Sumatra Utara.

Bahkan Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto yang bertindak sebagai pembina upacara pun tak luput mengenakan pakaian adat. Ia menggunakan baliutan pakian adat Bali berwarna merah.

2. Mengenakan adat saat upacara sebagai simbolisasi penguat persatuan bangsa

Rayakan HUT RI, Pejabat dan Pegawai Kemenpora Kenakan Pakain Adat

Dalam pidato yang disampaikan, Gatot mengatakan mengenakan pakaian adat Bali saat upacara sebagai simbolisasi penguatan persatuan Indonesia. meski berbeda suku dan bangsa harus tetap kokoh dan bersatu di bawah Panji Sang Saka Merah Putih.

Terlebih dengan adanya agenda besar Pilpres dan Pileg pada tahun ini membuat bangsa harus kembali saling bergandeng tangan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indoneia.

“Ini dalah momen perama yangs angat spesial setelah kita menyelesaikan pilpres dan pileg, kemarin Pak Jokowi menekankan di DPR, MPR dan DPD, bagaiaman rasa persatuan itu harus ditumbuhkan. Itu yang menjadi sp[esial di HUT ahun ini.’ ujar Gatot seusai upacara, seperi yang dilansir dari Antara.

3. Kemenopra mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menjaga kesatuan bangsa

Rayakan HUT RI, Pejabat dan Pegawai Kemenpora Kenakan Pakain Adat

Tak hanya menyampaikan mengenai simbolisasi baju adat yang digunakan saat upacara, Gatot juga menyampaikan mengenai persatuan bangsa Indonesia pada saat parhelatan olahraga terbesar se-Asia, Asian Games dan Asian Paragames yang digelar pada tahun 2018 lalu.

Saat itu, seuruh bangsa bersatu mendukung para atlet yang bertanding untuk bisa mengharumkan nama Indonesia terlepas dari mana mereka berasal. Maka upacara peringatan HUT RI ini pun harus sama dengan semangaat saat Asian Games tahun lalu

“Meski tahun ini tidak ada Asian Games, tapi nuansa merah putih nuansa kebangsaan harus tetap ditumbuhkan melalui prestasi para pemdua dan olahraga,” ujar Gatot.

Baca Juga: Menteri ESDM Ignasius Jonan Pimpin Upacara HUT RI Ke-74 di Freeport

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You