Dari Bogor, Mahasiswa IPB Bergerak ke  Istana Ikut Demo Dukung Petani

Mahasiswa tuntut restorasi reforma agraria

Jakarta, IDN Times - Menyambut Hari Tani Nasional, mahasiswa Universitas IPB memperingatinya dengan ikut aksi damai di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (24/9) Pagi. Diperkirakan, ribuan mahasiswa dari kampus Bogor, Jawa Barat itu akan berdemonstrasi menunjukkan solidaritas bagi petani untuk mengatasi permasalahan pertanian di Indonesia.

Sebelum berangkat ke Jakarta, mahasiswa telah mengikuti konsolidasi serta kajian yang diisi oleh BEM KM kampus IPB. Dalam kajian, mereka menilai pemerintah dan DPR sekarang tidak belajar dari beragam kesalahan yang dilakukan oleh rezim Order Baru.

"Nanti ada 1.000 mahasiswa dari seluruh fakultas di IPB pagi ini akan berangkat ke Istana Negara, buat menyampaikan aspirasi permasalahan soal pertanian Indonesia," ujar ketua BEM Fakultas Peternakan IPB, Kresna.

Mahasiswa IPB nantinya akan bergabung dengan himpunan petani se Indonesia di lokasi demo, guna menyampaikan tuntutan mereka yang salah satunya adalah restorasi reforma agraria serta mencabut RUU yang tidak pro terhadap rakyat.

Mereka juga menuntut kepada Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk menghentikan kriminalisasi petani.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga menuntut pemerintah untuk mengkaji perdagangan bebas yang dinilai merampas hak petani kecil. Khususnya pada kasus konvensi UPOV 91 yang membatasi hak-hak petani, terhadap penjualan bebas varietas tanaman dan benih oleh perusahaan multinasional. Hal ini tentu sangat merugikan petani kecil.

Nantinya, mahasiswa IPB akan bergabung dengan mahasiswa lainnya menuju Gedung DPR untuk mengikuti demonstrasi menolak pengesahan RUU KUHP yang dianggap tidak pro dengan rakyat.

"Nanti siang kita juga akan langsung gabung ke DPR. Kita bakal ada disana sampai tuntutan kita dipenuhi sama DPR," ujar Kresna.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya