32 ASN Gedung Sate Positif COVID-19 Usai ke DKI, Wagub Riza Buka Suara

Penularan bisa dari orang Bandung atau orang Jakarta

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi terkait 32 pegawai Pemprov Jawa Barat yang dinyatakan terpapar COVID-19, usai berkunjung ke DKI Jakarta. Dia mengatakan bisa saja mereka yang membawa virus ke DKI Jakarta atau sebaliknya.

"Bisa saja orang di Bandung dapat dari Jakarta, orang di Jakarta dapat dari Bandung," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis, 3 Juni 2021 malam.

Baca Juga: Muncul Klaster ART di Tangsel Usai Lebaran

1. Pola penularan diketahui usai hasil penelitian keluar

32 ASN Gedung Sate Positif COVID-19 Usai ke DKI, Wagub Riza Buka SuaraGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) didampingi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Ahmad Riza Patria (kanan) memberi salam usai pemilihan di Gedung DPRD DKI Jakarta di Jakarta, Senin (6/4/2020). Pada pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022 oleh DPRD DKI Jakarta, politisi Gerindra Ahmad Riza Patria memperoleh 81 suara sedangkan politisi PKS Nurmansyah memperoleh 17 suara sedangkan dua suara tidak sah (ANTARA FOTO/Deka Wira S)

Riza mengatakan semua kemungkinan bisa saja terjadi di tengah pandemik. Ditanya terkait pola penularan, dia mengaku tak tahu sampai hasil penelitian keluar.

"Jadi kalau bicara penularan kita tidak bisa tahu sampai menunggu hasil penelitian, pemeriksaan yang sebenarnya. Dari luar negeri dibawa ke dalam negeri, semua sangat mungkin, yang penting semua harus teliti, saling menghormati, saling menjaga satu sama lain," ujarnya.

2. Ada satu rombongan ke Jakarta melakukan pertemuan di kementerian

32 ASN Gedung Sate Positif COVID-19 Usai ke DKI, Wagub Riza Buka SuaraANTARA/Chairul Rohman

Diberitakan sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan puluhan pegawai di Gedung Sate yang positif COVID-19 usai dites secara berkala pasca-Lebaran, dan diketahui kasus ini terjadi memang usai libur Lebaran.

"Kami langsung melakukan tracing kepada seluruh yang terpapar, keluarganya, dan didapati fakta bahwa kejadiannya adalah pasca-Lebaran. Saat ada satu rombongan ke Jakarta melakukan pertemuan di kementerian, kemudian dari situ ternyata menjadi sumber keterpaparan," ujar Ridwan Kamil dalam keterangannya, Kamis, 3 Juni 2021.

3. Ada 32 pegawai yang terkonfirmasi positif COVID-19

32 ASN Gedung Sate Positif COVID-19 Usai ke DKI, Wagub Riza Buka SuaraIlustrasi Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Aktivitas di Gedung Sate yang juga menjadi kantor gubernur Jabar, kini ditutup sementara, sebagai upaya mengantisipasi penularan virus corona yang bertambah banyak. Total ada 32 pegawai di gedung ikon Kota Bandung itu yang positif COVID-19.

"Terdapat satu klaster yang kami nilai membuat situasi di tempat kerja atau Gedung Sate ini harus dilakukan penutupan sementara, karena terdapat 32 PNS, ASN di Pemprov Jawa Barat yang terpapar COVID-19," tutur Ridwan Kamil.

Baca Juga: Gedung Sate Lockdown Kedua Kali, Puluhan Pegawai Positif COVID-19

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya