9 Polisi Diduga Aniaya Pelaku Narkoba, IPW Minta Pelaku Dipecat

Korban DK (38) meninggal karena dianiaya

Jakarta, IDN Times - Indonesia Police Watch (IPW) menilai, sembilan Polisi Polda Metro Jaya yang diduga menganiaya terduga pelaku narkoba berinisial DK (38), harus dipecat. Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso menegaskan, keputusan itu harus diambil Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto.

Sugeng juga meminta Karyoto mencopot Direktur Reserse Narkoba (Dirnarkoba) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki. Sebanyak tujuh pelaku telah ditangkap dan satu orang dikembalikan untuk diperiksa secara etik oleh Propam. Sementara satu pelaku lain masih buron.

"Para oknum anggota Polri yang melakukan penganiayaan hingga tewasnya pelaku narkoba berinisial DK (38) harus dipecat dari anggota Polri. Karenanya, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto harus tegas memecatnya dalam sidang etik yang akan dilaksanakan dan juga harus mencopot Dirnarkobanya, Kombes Hengky karena tidak melakukan pengawasan melekat terhadap anggotanya," kata dia dalam keterangan resmi, Sabtu (29/7/2023)

Baca Juga: 9 Polisi Polda Metro Terancam Dipecat Usai Aniaya Korban hingga Tewas

1. Minta penjelasan di mana mayat DK ditemukan

9 Polisi Diduga Aniaya Pelaku Narkoba, IPW Minta Pelaku DipecatIlustrasi jenazah (IDN Times/Mardya Shakti)

IPW meminta kasus ini ditangani secara profesional dan transparan melalui proses yang akuntabel. Sehingga citra Polri di masyarakat akan terus terjaga. Sugeng juga meminta penjelasan Polda Metro Jaya di mana mayat DK ditemukan.

"Info yg diterima IPW jenazah dibuang di suatu tempat untuk menghilangkan jejak. Sekiranya benar adanya upaya penghilangan jejak maka selain pasal aniaya berat mengakibatkan mati, pengeroyokan, harus diterapkan pula pasal obstruction of justice pada para pelaku," katanya.

Baca Juga: 7 Polisi Penganiaya Pelaku Narkoba hingga Tewas Bakal Disidang Etik

2. Internal polri harus terus diperbaiki

9 Polisi Diduga Aniaya Pelaku Narkoba, IPW Minta Pelaku DipecatIDN Times/Muhamad Iqbal

Penjelasan Polri kepada publik, kata Sugeng, bisa membuat masyarakat tidak takut dan trauma. Apalagi saat ada nantinya ada bagian keluarga masyarakat yang ditahan oleh Polisi.

"Dengan begitu, masyarakat tidak takut dan trauma apabila ada keluarganya yang ditahan oleh aparat kepolisian," kata Sugeng.

Dia juga berpendapat institusi Polri harus terus memperbaiki internalnya agar Polri tetap humanis melalui program presisinya.

3. Ujian bagi program Kaporli Listyo Sigit

9 Polisi Diduga Aniaya Pelaku Narkoba, IPW Minta Pelaku DipecatKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Dok. Humas Polri)

Sugeng mengatakan, kekerasan yang dilakukan polisi itu menjadi ujian bagi program Polri Presisi yang diusung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Hanya dalam hitungan hari, sejak kasus Bripda IDF tewas tertembak oleh anggota polri sesama Brimob, kini terekspos anggota Polri melakukan kekerasan terhadap pelaku narkoba," 

"Akibatnya, perilaku sok kuasa, arogan, sewenang-wenang dengan menggunakan kewenangan bahkan kekerasan oleh oknum polisi tersebut, sama saja dengan melawan upaya pimpinan Polri dalam mereformasi Polri, terutama pada reformasi kultural Polri," ujar dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya