Ada Tiga Isu Prioritas, Kemenkominfo Gelar 4th DEWG G20 di Bali 

Hasil diskusi di pertemuan akan dibawa ke G20 DEMM

Bali, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar 4th Digital Economy Working Group (DEWG) yang dilanjutkan dengan Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) yang bertempat di Mulia Resort, Nusa Dua, Bali.

"Setelah perjalanan yang begitu panjang, saat ini kita akan memasuki pertemuan DEWG yang keempat dan saya berharap Pulau Dewata yang mempesona dapat menambah semangat delegasi anggota G20 untuk terus aktif mengikuti dan berkontribusi terhadap agenda pertemuan beberapa hari ke depan," kata Sekretaris Jenderal Kemenkominfo sekaligus Chair DEWG, Mira Tayyiba, di acara Welcome Dinner DEWG G20, di Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/08/2022) malam.

Dalam pertemuan tersebut, Industry Task Force (ITF) DEWG juga bakal menunjukkan adopsi teknologi digital Indonesia kepada seluruh delegasi dari negara anggota G20 sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan industri. 

Baca Juga: Menkominfo: 20 Negara Delegasi Bahas Keamanan Digital di DEWG Hari Ini

1. Lanjutkan pembahasan rancangan The Bali Package

Ada Tiga Isu Prioritas, Kemenkominfo Gelar 4th DEWG G20 di Bali Chair DEWG G20 Mira Tayyiba saat membuka Welcome Dinner DEWG G20 di Unity Garden Mulia Resort Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/08/2022). (Dok. Kemkominfo)

Sementara itu, Menkominfo, Johnny G Plate pada Senin (29/8/2022), membuka dan menghadiri pertemuan keempat DEWG G20 serta DEMM.

Dalam pertemuan yang keempat tersebut, para delegasi akan melanjutkan pembahasan rancangan deklarasi Menteri Bidang Digital G20 yang disebut The Bali Package.

Setelahnya, rancangan deklarasi Bali Package akan kembali dibahas untuk difinalisasi oleh para menteri bidang digital G20 dalam G20 DEMM pada 1 September 2022 mendatang.

Baca Juga: Arus Data Lintas Batas Negara Jadi Isu Utama DEWG 

2. Menkominfo sudah bahas tiga isu prioritas

Ada Tiga Isu Prioritas, Kemenkominfo Gelar 4th DEWG G20 di Bali Tari tradisional Puspa Warna turut menjadi atraksi utama yang menyambut para delegasi DEWG dalam Welcome Dinner 4th DEWG Meeting, di Nusa Dua, Bali, Minggu (28/08/2022) (Dok. Kemkominfo)

Sebelumnya, DEWG sudah menyelesaikan tiga pertemuan dan beberapa pertemuan intersesi untuk membahas tiga isu prioritas DEWG.

Ketiga isu prioritas tersebut adalah Post Covid-19 Recovery and Connectivity, Digital Skills and Digital Literacy, serta Cross-Border Data Flow and Data Free-Flow with Trust.

Selama empat hari ke depan, Kemenkominfo akan melaksanakan 4th DEWG yang dilanjutkan dengan DEMM yang bertempat di Mulia Resort, Nusa Dua.

Baca Juga: 5 Hal yang 'Indonesia Banget' di DEWG G20 Yogyakarta

3. Dipimpin Sekjen Kominfo dan Staf Khusus Menteri

Ada Tiga Isu Prioritas, Kemenkominfo Gelar 4th DEWG G20 di Bali Chair DEWG G20 Mira Tayyiba saat membuka Welcome Dinner DEWG G20 di Unity Garden Mulia Resort Nusa Dua, Badung, Bali, Minggu (28/08/2022) (Dok. Kemkominfo)

Sekretaris Jenderal Kemenkominfo, Mira Tayyiba dan Staf Khusus Menteri Bidang Digital dan SDM, Dedy Permadi bakal mempimpin jalannya pertemuan yang dihadiri oleh seluruh anggota negara G20, Global & National Knowledge Partner serta negara-negara yang diundang secara daring.

Pertemuan tersebut digelar untuk membahas optimalisasi ekonomi digital global yang inklusif, memberdayakan, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Kemenkominfo Lakukan Audit soal Dugaan Kebocoran Data Indihome

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya