Akhiri Jabatan Ketua Komnas HAM, Taufan Damanik Pamit ke Komisi III

Taufan tidak mencalonkan diri lagi di Komnas HAM

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ahmad Taufan Damanik tak mencalonkan diri lagi dalam periode keanggotaan Komnas HAM 2022-2027. Tahun ini menjadi tahun terakhir Taufan mengemban jabatan sebagai ketua.

Pada masa akhir jabatannya, Taufan pun berpamitan kepada pimpinan dan anggota Komisi III DPR saat menyerahkan laporan tahunan kepada pimpinan Komisi III DPR RI.

Momen pamitan Taufan di forum Komisi III DPR itu dilakukannya saat memberikan laporan. Dia mengatakan, ada dua laporan yang harus diserahkan Komnas HAM kepada Komisi III DPR, yakni laporan tahunan dan laporan panitia seleksi calon anggota Komnas HAM periode 2022-2027.

1. Serahkan laporan dan berpamitan

Akhiri Jabatan Ketua Komnas HAM, Taufan Damanik Pamit ke Komisi IIIKetua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik (dok. Komnas HAM)

Kedua laporan itu diterima oleh Wakil Ketua Komisi III DPR, Pangeran Khairul Saleh. 

"Ada dua laporan yang ingin saya sampaikan, pertama laporan tahunan kami. Secara simbolik akan saya sampaikan," kata Taufan saat rapat dengan Komisi III DPR, Kamis (25/8/2022).

Kedua, laporan panitia seleksi calon komisioner Komnas HAM 2022-2027, sudah disampaikan kemarin secara resmi melalui surat dan sekarang ingin saya sampaikan secara langsung kepada pimpinan secara simbolik," lanjut dia.

Baca Juga: Pansel Komnas HAM Sebut Alasan Tak Terima Calon Anggota Dari Parpol

2. Taufan termasuk yang tidak mencalonkan diri lagi

Akhiri Jabatan Ketua Komnas HAM, Taufan Damanik Pamit ke Komisi IIIAhmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM, dalam konferensi pers Amnesty International Indonesia secara daring Senin (13/12/2021). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Dalam rapat itu, Taufan juga mengungkapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota Komisi III DPR atas kerja sama yang sudah dijalin selama dia menjabat sebagai Ketua Komnas HAM.

"Saya pribadi ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh pimpinan dan anggota Komisi III, karena saya, termasuk yang tidak mencalonkan diri (lagi). Jadi mungkin ini sekaligus pamitan saya kepada Bapak-Ibu semua," kata dia.

"Terima kasih atas dukungannya selama ini, lima tahun saya menjadi Ketua Komnas HAM," ujar dia.

Baca Juga: Komnas HAM Gandeng Komnas Perempuan Selidiki Laporan Istri Ferdy Sambo

3. Nama 14 calon anggota Komnas HAM

Akhiri Jabatan Ketua Komnas HAM, Taufan Damanik Pamit ke Komisi IIIIlustrasi - Komisioner Komnas HAM RI Beka Ulung Hapsara didampingi Analis Pengaduan Masyarakat Komnas HAM RI menerima pengaduan Paguyuban PPNPN BPPT di Kantor Komnas HAM RI (Rabu, 5/1/2022). (dok. Humas Komnas HAM RI)

Adapun Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komnas HAM RI 2022-2027 sudah menetapkan 14 nama calon anggota baru untuk diajukan dalam uji kelayakan atau fit and proper test di DPR.

"Para calon anggota yang terpilih telah melalui lima tahapan seleksi," kata Ketua Tim Pansel Calon Anggota Komnas HAM RI, Makarim Wibisono, dalam keterangan persnya, Selasa (23/8/2022).

Adapun ke-14 nama calon anggota Komnas HAM itu adalah sebagai berikut:

  1. Abdul Haris Semendawai
  2. Amiruddin Al Rahab
  3. Anis Hidayah
  4. Antonio Pradjasto Hardojo
  5. Atnike Nova Sigiro
  6. Beka Ulung Hapsara
  7. Chrisbiantoro
  8. Hari Kurniawan
  9. Prabianto Mukti Wibowo
  10. Pramono Ubaid Tanthowi
  11. Putu Elvina
  12. Rita Serena Kolibonso
  13. Saurlin P Siagian
  14. Uli Parulian Sihombing

Baca Juga: Komnas HAM Siapkan Laporan Pembunuhan Brigadir J buat Kapolri-Presiden

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya