Bakat Terpendam Anak Pesisir Cilincing: Fotografi

Kelas Jurnalis Cilik ajari anak fotografi

Jakarta, IDN Times - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga mengunjungi anak-anak yang berada di Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara. Kunjungan ini merupakan rangkaian dari Hari Anak Nasional (HAN), yang puncaknya akan diperingati pada 23 Juli 2023 mendatang.

Bintang mengatatakan anak-anak di Cilincing punya potensi yang besar, apalagi kini dirangkul dengan adanya Kelas Jurnalis Cilik (KJC). Bintang yang melihat hasil karya anak pesisir, mengaku mereka punya potensi besar yang harus diasah.

"Karya mereka itu tidak seperti diciptakan anak-anak, sudah ada edukasi atau pesan moral yang disampaikan di foto-fotonya. Salah satu contoh itu ada salah satu jepretan mereka itu ada dua anak yang saling membantu," kata dia dalam agenda Jelajah SAPA (Sahabat Perempuan dan Anak), di Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (13/7/2023).

"Ada yang fotonya laku Rp500 ribu. Uangnya diberikan kepada orang tua Rp300 ribu untuk keperluan keluarga, Rp200 ribu ditabung. Ini patut kita apresiasi, dampingi, mereka punya talenta yang patut dikembangkan," lanjutnya.

1. Pemberdayaan perempuan jadi satu mandat KemenPPPA

Bakat Terpendam Anak Pesisir Cilincing: FotografiKebaya Bintang Puspayoga (instagram.com/bintang.puspayoga)

Namun, dalam upaya mengasah bakat anak-anak pesisir di Jakarta Utara, Bintang juga berharap kontribusi orang tua bisa diperdalam. Sebab, tak sedikit anak yang putus sekolah karena membantu orang tuanya mencari nafkah. 

Maka dari itu, sesuai mandat yang ada di Kementerian ini, Bintang juga berupaya untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Hal ini berdampak juga pada peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak, penurunan kekerasan dan pekerja anak serta pencegahan perkawinan anak.

Baca Juga: Liburan di Taman Kota Semarang, Anak-Anak Ungkapkan Cinta Indonesia

2. Pemberdayaan orang tua untuk kebaikan anak

Bakat Terpendam Anak Pesisir Cilincing: FotografiMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga kunjungi anak-anak di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara (Kamis (13/7/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Orang tua yang ada di pesisir, kata dia, jadi satu target penting untuk diberdayakan. Kehadiran pemangku kepentingan baik pemerintah pusat hingga daerah dan akar rumput, kata dia, punya kontribusi untuk bergotong royong.

"Hulunya, perempuan harus berdaya secara ekonomi. Kalau dia berdaya secara ekonomi, tidak akan ada anak-anak putus sekolah, kekerasan, pekerja, dan perkawinan anak," kata Bintang.

3. Puncak HAN 2023 akan digelar di Semarang

Bakat Terpendam Anak Pesisir Cilincing: FotografiMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Bintang Puspayoga kunjungi anak-anak di Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara (Kamis (13/7/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Kegiatan Bintang di Cilincing dilakukan menyambut HAN 2023. KemenPPPA melaksanakan Jelajah SAPA di delapan titik yang ada Jabodetabek salah satunya di Bantargebang, Bekasi Jawa Barat.

Nantinya puncak HAN 2023 akan diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah. HAN 2023 akan mengusung tema besar "Anak Terlindungi, Indonedia Maji" dengan tagline " Berani dan Peduli"

Baca Juga: Pj Gubernur Heru Temukan 777 Anak Rawan Stunting di Cilincing

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya