Beda Kemeriahan HUT 495 DKI dengan Acara 2 Tahun Lalu Gegara Pandemik

Acara sempat dirayakan secara daring karena COVID-19

Jakarta, IDN Times - Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta diperingati setiap 22 Juni. Pada tahun ini, Jakarta memasuki usia 495 tahun. 

Guna mengetahui apa saja yang dipersembahkan Pemerintah DKI Jakarta untuk memperingati hari jadi Jakarta ke 495 tahun ini, masyarakat bisa mengetahuinya melalui situs plus.jakarta.go.id.

Peringatan HUT DKI Jakarta pada 2022 ini disebut sebagai Jakarta Hajatan. Sebelumnya, selama dua tahun pandemik, peringatan HUT DKI tidak dirayakan besar-besaran. Berikut perbedaan HUT DKI Jakarta ke-495 dibanding dua tahun sebelumnya.

Baca Juga: Peringatan HUT ke-495 DKI Dibuka, Anies Beri Nama Jakarta Hajatan 

1. Jakarta Hajatan jenama HUT DKI

Beda Kemeriahan HUT 495 DKI dengan Acara 2 Tahun Lalu Gegara PandemikLogo HUT Jakarta ke 495 (plus.jakarta.go.id)

Dilansir dari panduan visual HUT 495 DKI Jakarta, Jakarta Hajatan merupakan jenama berkelanjutan yang melingkupi ragam kegiatan perayaan ulang tahun Jakarta, yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah. Hajatan sendiri bermakna resepsi atau selamat akan sesuatu pencapaian.

Pada tahun ini, DKI Jakarta menggunakan logo Jakarta Hajatan dari dua slogan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang digunakan sesuai kebutuhan dan target audien.

Warna utama dari logo ‘495’ menggunakan enam warna menor yang terinspirasi dari karakter kotanya. Setiap warna mewakili makna atas pencapaian Kota Jakarta.

2. Jadwal acara HUT DKI Jakarta pekan ini

Beda Kemeriahan HUT 495 DKI dengan Acara 2 Tahun Lalu Gegara PandemikPerayaan HUT DKI Jakarta sebelum pandemik COVID-19 (IDN Times/ Helmi Shemi)

Sebagai kota yang terus berkembang, Jakarta merayakan ulang tahunnya dengan sejumlah rangkaian acara. Seluruh informasi tentang HUT DKI Jakarta ke-495 bisa diakses juga melalui Instagram resmi @Jakartahajatan.

Berikut jadwal acara yang akan digelar untuk HUT DKI Jakarta di pekan ini: 

  • 20-25 Juni Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah di seluruh RW di Jakarta. 
  • 22 Juni Upacara HUT ke-495 Kota Jakarta di Plaza Selatan Monas, Malam Resepsi Jakarta Hajatan ke-495 di Balairung Balai Kota Pemprov DKI Jakarta, Sidang Paripurna DPRD di Ruang Rapat Paripurna DPRD, Rapat Kerja Gubernur Jabodetabekjur di Balai Kota DKI Jakarta. 
  • 22 Juni upacara virtual pukul 07.00 WIB, live streaming di kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta.
  • Kemudian 23-25 Juni Puskesmas Expo Tahun 2022 di Hotel Bidakara Pancoran, Launching Aplikasi Mobile Learning secara daring. 
  • 25 Juni Malam Puncak Jakarta Hajatan ke-495 di Jakarta International Stadium (JIS), +Jakarta Award di Jakarta International Stadium (JIS). 
  • 26 Juni Bazaar di CFD Sudirman-Thamrin.

3. HUT DKI Jakarta ke-494 mengambil tema 'Jakarta Bangkit'

Beda Kemeriahan HUT 495 DKI dengan Acara 2 Tahun Lalu Gegara PandemikIDN Times/ Helmi Shemi

Sementara pada HUT Jakarta ke-494 tahun 2021, mengambil tema 'Jakarta Bangkit'.  Tema ini diambil untuk mendorong semangat kolaborasi membangkitkan Kota Jakarta. 

Arti logo di angka 494 ini juga punya makna, dijelaskan bahwa secara matematis 4/4=1 ini bermakna bahwa Jakarta dengan masyarakat beragam harus bersatu untuk memberi harapan dan mimpi kota, supaya Jakarta bisa bangkit. Kemudian, lekukan garis di angka 9 melambangkan identitas Plus Jakarta sebagai Kota Kolaborasi.

Rangkaian acara HUT DKI Jakarta ke-494 berlangsung sejak awal Juni 2021. Acara puncaknya adalah Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2021, kemudian ada acara Jak Preneur Fest 2021 sejak 5-27 Juni 2021 yang terdiri dari sejumlah rangkaian acara lainnya:

  • 5-15 Juni: Pameran Foto Jakpreneur Fest.
  • 24 Mei-24 Juni: Kompetisi Bisnis.
  • 20 Juni: Kelas Super.
  • 21-22 Juni: Kelas Personal.
  • 21-26 Juni: Pasar Jakpreneur.
  • 21-26 Juni: Bazar Online
  • 25-26 Juni: Bazar Offline
  • 27 Juni: Malam Apresiasi.

4. HUT DKI pada 2020 diadakan secara daring

Beda Kemeriahan HUT 495 DKI dengan Acara 2 Tahun Lalu Gegara PandemikIlustrasi Ondel-Ondel (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sedangkan pada HUT ke-493 DKI Jakarta tahun 2020, bertema "Jakarta Tangguh”. Tema ini diambil untuk mengobarkan semangat ketangguhan warga Jakarta dalam menghadapi pandemik COVID-19.

Kala itu, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan beragam acara virtual yang bisa dinikmati masyarakat dalam rangka ulang tahun Jakarta. Tujuannya, agar masyarakat tetap berada di rumah.

Saat HUT DKI ke-494 kegiatan Jakarta Fair maupun Festival Jakarta Great Sale pada pusat-pusat perbelanjaan Jakarta tidak digelar demi mencegah terjadinya keramaian.

Pemprov DKI hanya mengadakan Festival Jakarta Great Online Sale. Festival belanja online tersebut dilaksanakan pada 22-30 Juni 2020, dengan tujuan masyarakat dapat turut membantu UMKM Jakarta pada masa pandemik melalui platform belanja online. 

Berikut rincian rangkaian acara virtual untuk merayakan HUT ke-493 Kota Jakarta kala itu:

1. Jakarta Great Online Sale: berkolaborasi dengan 8 platform/e-commerce yang memberikan penawaran menarik untuk masyarakat dalam bertransaksi secara online.

2. Tur Virtual: Taman Margasatwa Ragunan, Sea World Ancol, Planetarium, 5 Museum di Jakarta, Air Mancur Menari, dan melihat indahnya kota Jakarta dari ketinggian.

3. Gubernur Menyapa Warga: Gubernur Provinsi DKI Jakarta mengobrol santai membahas soal Jakarta melalui Live Zoom Meeting dari Balai Kota bersama Walikota/Bupati beserta Dewan Kota dan Dewan Kabupaten di Kantor Walikota/Bupati; Camat dan Lurah di Kantor Kecamatan beserta perwakilan RW/RT, FKDM, PKK, Tokoh Masyarakat, Karang Taruna, dan Tokoh Agama.

4. Zoom Meeting Gubernur dan Wakil Gubernur:

- Live Zoom Meeting dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta bersama 40 warga terpilih yang memberikan video ucapan HUT Kota Jakarta terbaik dan terkreatif melalui akun media sosial Instagram Pemprov DKI Jakarta (@dkijakarta dan @jsclounge).

- Live Zoom Meeting dengan para Duta Besar Sister City untuk membahas Jakarta Now and Future dalam rangka HUT Jakarta. 

Baca Juga: Tak Gelar HUT Jakarta di JIExpo, Pemprov DKI Sengaja Mau Pamer JIS

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya