Begini Rekomendasi KPAI soal Polemik Hak Asuh Gala Anak Vanessa-Bibi

Keluarga besar lupa masa emas Gala

Jakarta, IDN Times - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menanggapi polemik yang terjadi pada anak mendiang artis Vanessa Angel, Gala Sky Andriansyah, yang saat ini terlibat dalam pusaran perebutan hak asuh oleh keluarga Vanessa dan famili mendiang suaminya, Bibi Andriansyah.

Wakil Ketua KPAI, Rita Pranawati, mengatakan kedua belah pihak seharusnya lebih fokus pada tumbuh kembang anak, karena bagaimana pun Gala, masih dalam masa keemasannya,

"Kalau kita bicara pada anak yang ditinggal meninggal kedua orang tuanya, sebaiknya dua keluarga besar ini fokus pada bagaimana tumbuh kembang pada ananda G ini, bagaimana pun ananda G ini sedang dalam fase golden age-nya atau masa keemasanya yang berjalan hanya sekali," kata dia dalam akun lnstagram KPAI, Jumat (31/12/2021).

Baca Juga: Gala Pulang ke Jakarta Besok

1. Keluarga besar justru fokus pada kuasa asuh

Begini Rekomendasi KPAI soal Polemik Hak Asuh Gala Anak Vanessa-BibiVanessa Angel dengan suaminya, Febri Andriansyah. (instagram.com/bibliss)

Rita mengatakan, peristiwa anak ditinggal orang tua meninggal dunia memang memprihatinkan. Sering kali dua belah pihak keluarga besar ingin menunjukkan kasih sayangnya.

"Namun justru fokus pada kuasa asuh pada anada yang ditinggal orang tuanya dalam kasus ini adalah ananda G," ujar dia.

2. Gala diharapkan hidup tenang

Begini Rekomendasi KPAI soal Polemik Hak Asuh Gala Anak Vanessa-BibiArist Merdeka Sirait saat berada di ashram. (IDN Times/Imam Rosidin)

Sementara, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (KPAI) Arist Merdeka Sirait juga baru-baru ini menanggapi rencana tes DNA yang dilakukan pada Gala Sky. Menurut dia hal yang perlu dilakukan untuk Gala sekarang ini adalah memikirkan tumbuh kembangnya.

Arist meminta seluruh pihak bisa memberikan kasih sayang pada putra semata wayang Bibi dan Vanessa tersebut.

"Demi kepentingan terbaik anak, tentu biarlah Gala bertumbuh dan berkembang dengan baik. Di mana dia tinggal dan di mana dia hidup tenang," kata Arist, dikutip dari YouTube Nitnot, dikutip Jumat.

 

Baca Juga: Gala Sudah Dipulangkan, Barang Vanessa dan Bibi Diserahkan ke Keluarga

3. Ayah Vanessa berencana melakukan tes DNA

Begini Rekomendasi KPAI soal Polemik Hak Asuh Gala Anak Vanessa-BibiDoddy Sudrajat dan Faisal (Twitter/intipseleb)

Diketahui, polemik hak asuh anak Vanessa dan Bibi masih berlangsung hingga saat ini, pada keluarga Doddy Sudrajat dan Haji Faisal. Bahkan, baru-baru ini Doddy hendak tes DNA pada Gala yang diduga bukan anak dari Bibi. Ayah Vanessa itu ragu dan ingin dilakukan tes.

Vanessa dan Bibi meninggal dunia dalam kecelakaan mobil di tol saat menuju Surabaya, tepatnya di Km 672.300 Tol Jombang-Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (4/11/2021). 

Anak semata wayang mereka kini diasuh keluarga Bibi, dan lebih sering muncul berada di dekapan Fuji, adik Bibi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya