Comscore Tracker

Besok Anies Baswedan Dideklarasikan Jadi Capres Pilpres 2024

Deklarasi dilakukan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera

Jakarta, IDN Times - Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera akan melaksanakan "Deklarasi Anies Baswedan for Presiden 2024" pada Rabu (20/10/2021). Seperti namanya, deklarasi ini dilakukan untuk mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, untuk naik level menjadi calon presiden RI pada Pilpres 2024.

Total ada sembila deklarator pendukung yang mengusung Anies Baswedan menjadi pengganti Presiden Joko "Jokowi" Widodo dua tahun mendatang, mereka adalah La Ode Basir, Dani Kusuma, Agus Nugroho, M. Iqbal Siregar, M. Ambardi, Mustaqiem Dahlan, Ajun Banda, Sukri Karjono, dan Muhammad Isnaeni.

"Iya betul akan ada deklarasi besok. Aliansi ini anggotanya seluruh Indonesia. Hanya, kondisi (pendemik) begini tidak mungkin kumpul banyak. Paling 30 orang sesuai protokol kesehatan," ujar Koordinator deklarator Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera, La Ode Basir, Selasa (19/10/2021).

Baca Juga: Survei ASI: Prabowo Capres Paling Banyak Dipilih, Anies Posisi Kedua

1. Anies dinilai berhasil pimpin Jakarta selama empat tahun ini

Besok Anies Baswedan Dideklarasikan Jadi Capres Pilpres 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam beberapa kunjungan ke fasilitas kesehatan selama pandemik COVID-19 (dok. Pemprov DKI Jakarta)

Basir mengungkapkan alasan mereka mengusung Anies sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024, karena mereka melihat keberhasilan Anies memimpin Jakarta selama empat tahun terakhir. Mereka merasa, Anies membuat Ibu Kota lebih rapi dan membangun transportasi yang terintegrasi.

"Contohnya penataan kota yang lebih rapi, instrumen jelas dibuktikan dengan penghargaan-penghargaan dari lembaga kredibel. Banyak penghargaan, baik bagaimana integrasi, transportasi, kemudian bagaimana penataan jalan, pembangunan sarana, baik infrastruktur, menggerakkan masyarakat," ujarnya.

2. Anies dianggap sangat layak pimpin Indonesia

Besok Anies Baswedan Dideklarasikan Jadi Capres Pilpres 2024Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri sekaligus mengikuti prosesi peletakan batu pertama pembangunan Masjid At-Tabayyun yang berlokasi di Komplek Taman Villa Meruya, Kembangan, Jakarta Barat, pada Jumat (27/8/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Basir mengklaim 23 janji kampanye Anies terlihat selama memimpin Jakarta, ada yang sudah dikerjakan namun ada juga yang sedang berjalan. Karena dianggap berhasil memimpin Jakarta, Anies dirasa layak memimpin Indonesia.

"Sangat layak. Dia salah satu yang menonjol lah," kata dia.

3. Akan jadi wadah Anies untuk keliling Indonesia

Besok Anies Baswedan Dideklarasikan Jadi Capres Pilpres 2024Jakarta selenggarakan vaksin anak usia 12-17 tahun di SMAN 20, Sawah Besar, Jakarta Pusat pada Kamis (1/7/2021). (dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Aliansi ini, kata Basir, bakal mengawal kegiatan Anies dan memperkuat jaringan di wilayah Indonesia.

Diketahui, Anies Baswedan sempat mengungkapkan keingannya usai menjabat sebagai Gubenur DKI Jakarta jelang akhir 2022, yakni ingin keliling Indonesia.

"Pak Anies menyampaikan, pasca-beliau sebagai Gubernur DKI nanti kan akan jalan keliling Indonesia, ya. Nah, bagaimana Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera juga menjadi wadah beliau untuk keliling Indonesia. Tentu kita akan memperkuat jaringan basis-basis massa seluruh wilayah Indonesia, dari kota sampai pedesaan," kata dia.

Baca Juga: Ini Respons Anies soal Isu Akan Maju Capres 2024 Bersama Sandiaga Uno

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya