BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee 

Shoppe baru mengirimkan setengahnya

Jakarta, IDN Time - Tenaga Ahli bidang Media Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Egy Massadiah, mengklarifikasi pemberitaan yang menyatakan Shoppe Indonesia telah memberikan bantuan satu juta masker. 

“Faktanya per hari ini 6 April 2020 BNPB hanya menerima 50 ribu (lima puluh ribu) masker, dan itu kami didistribusikan kepada para pihak yang membutuhkan,” kata Egy melalui keterangan resmi, Senin (6/4).

1. Jangan sampai ada persepsi BNPB menimbun masker

BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee Ilustrasi masker (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Egy turut menyertakan Berita press release pihak Shopee Indonesia, dalam release Shopee, tertulis seperti berikut:

"Shopee kembali memberikan donasi sebanyak 1 juta masker kepada dokter dan tenaga medis. Bantuan tersebut diserahkan melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana Republik Indonesia (BNPB RI) dan tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19," tulis rilis tersebut.

Namun Egy mengatakan hingga saat ini belum ada ralat dari pihak shopee. Maka dia membuat klarifikasi agar masyarakat mengerti kondisi yang sebenarnya.

“Jangan pula ada persepsi BNPB atau Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 menimbun masker,” kata dia.

2. Sebanyak 500 ribu masker lainnya akan dikirim bertahap

BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee IDN Times/Bagus F

Egy berharap masyarakat mengetahui duduk permasalahan. Bahwa baru 50 ribu masker yang telah diterima oleh BNPB. Menurut Shopee, 50 ribu masker lainnya akan dikirim secara berkala hingga akhir April.

"Dari 1 juta masker yang sedang dalam proses impor, 100 ribu akan didonasikan melalui BNPB dan 900 ribu sisanya akan didistribusikan melalui aplikasi Shopee dengan bentuk subsidi transaksi," ujarnya.

3. Apresiasi pihak yang mau membantu penanganan COVID-19

BNPB Bantah Terima 1 Juta Masker dari Shopee Ilustrasi masker (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Di sisi lain Egy mengapresiasi banyak pihak yang berkenan membantu percepatan penanganan pandemi virus corona dengan menyumbang APD, dana, serta bantuan lain. Dia juga paham jika para pihak pemberi bantuan punya keinginan diketahui oleh masyarakat luas.

“Yang saya minta, jika merasa harus memberitakan bantuan, maka sampaikan berita dengan data yang benar, supaya tidak timbul salah persepsi,” kata dia.

Baca Juga: Pemerintah Kini Anjurkan Memakai Masker Jika Keluar Rumah

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya