Buntut Ucapan soal Sumbar, Puan Maharani Dilaporkan ke Polisi 

Dia berharap Provinsi Sumatera Barat dukung negara pancasila

Jakarta, IDN Times - Persatuan Pemuda Mahasiswa Minang (PPMM) melaporkan Ketua Bidang Politik dan Keamanan DPP PDIP, Puan Maharani, ke Bareskrim Mabes Polri pada Jumat (4/9/2020) atas kasus pencemaran nama baik.

"Hari ini pada hari Jumat 4 September melaporkan saudari Puan Maharani yang mana dia Ketua DPR RI pada kesempatan yang lampau telah menghina masyarakat Sumatera Barat," kata Ketua PPMM, David kepada wartawan di Bareskrim Polri, Jakarta.

1. Bawa barang bukti berupa rekaman suara Puan

Buntut Ucapan soal Sumbar, Puan Maharani Dilaporkan ke Polisi Ketua DPR RI Puan Maharani mengenakan pakaian adat Jambi saat upacara kemerdekaan RI (Dok. PDI Perjuangan)

Pihaknya membawa sejumlah barang bukti berupa rekaman video saat Puan menyampaikan kata-kata yang diduga menyinggung mereka.

"Kita ada flashdisk yang mana rekaman dari suara Bu Puan di menit-menit tiga menit, kita bawa suara dari Youtube, yang kedua screen shot media online terkait perkataanya kalimat semoga itu dan beberapa lampiran lampiran lainnya," kata David.

Ada beberapa pasal yang hendak yang dia sertakan dalam laporan tersebut yakni pasal 310, 311, 27 ayat 3 UU ITE dan pasal 14,15 KUHP nomor 1 tahun 1946. "Itu yang akan kita ajukan ke Bareskrim terkait laporan ini," kata David.

Baca Juga: PDIP Klarifikasi Pernyataan Puan Minta Sumbar Dukung Pancasila 

2. Akan melapor juga ke Mahkamah Kehormatan Dewan

Buntut Ucapan soal Sumbar, Puan Maharani Dilaporkan ke Polisi Ketua DPP PDIP, Puan Maharani umumkan calon kepala daerah gelombang IV (Dok.PDI Perjuangan)

Selain melaporkan Puan Bareskrim Polri, David juga mengatakan pihaknya akan melapor ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD). David mengatakan bahwa PPMM akan menempuh semua cara sesuai prosedur yang ada.

"Besok kita ke MKD hari Senin atau Selasa untuk melaporkan unsur kedewanannya," kata dia.

4. Puan mengatakan dia berharap Provinsi Sumatera Barat bisa mendukung negara Pancasila

Buntut Ucapan soal Sumbar, Puan Maharani Dilaporkan ke Polisi Ketua DPP PDIP Bidang Politik, Puan Maharani membacakan rekomendasi calon kepala daerah gelombang lima (Dok. PDI Perjuangan)

Laporan ini terkait dengan ucapan Puan tentang harapannya agar Sumatera Barat bisa menjadi provinsi yang mendukung negara Pancasila. Pernyataan itu disampaikan saat acara rekomendasi partai untuk pemilihan gubernur Sumatera Barat di rumah Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Untuk Provinsi Sumatera Barat, rekomendasi diberikan kepada Ir. Mulyadi dan Drs. H. Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung negara Pancasila," kata Puan, Rabu, 2 September 2020.

Puan tidak memberikan penjelasan soal maksud pernyataannya itu. Dia hanya mengumumkan dukungan PDIP untuk pasangan calon Mulyadi-Ali Mugni saat pengumuman calon kepala daerah (cakada) secara daring.

Baca Juga: Pakar Komunikasi Politik Unand: Puan Membuka Jarak Warga Minang-PDIP

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya