Buruh Bakal Gelar May Day Fiesta, Ada Orasi hingga Pentas Musik

Buruh tuntut 7 hal

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh dan organisasi Serikat akan melaksanakan rangkaian kegiatan pada peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional hari ini, Senin (1/5/2023).

"Setelah melakukan aksi May Day dari jam 09.30- 12.30, massa aksi akan mengikuti May Day Fiesta," kata Presiden Partai Buruh atau Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal dalam keterangannya, Senin.

Agenda ini akan berlangsung di Istora Senayan dengan rangkaian acara orasi pimpinan organisasi serikat pekerja, serikat petani, organisasi perempuan, mahasiswa, buruh migran, PRT, miskin kota. Kemudian ada teater Marsinah dan pentas musik, hingga orasi politik presiden Partai Buruh.

Aksi May Day akan diikuti 50 ribu buruh yang berkumpul di IRTI, depan Balaikota DKI dengan tujuan aksi Istana Negara dan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hingga nantinya berlanjut ke Istora Senayan.

Dalam aksi May Day 2023, buruh menuntut tujuh hal berikut ini:

1. Cabut Omnibus Law UU No 6 Tahun 2023 tentang Ciptaker
2. Cabut parliamentary threshold 4 persen dan presidential threshold 20 persen karena membahayakan demokrasi yang kita kenal
3. Sahkan RUU DPR dan perlindungan pekerja rumah tangga
4. Tolak RUU kesehatan
5. Reforma agraria dan kedaulatan pangan. Tolak bank tanah, tolak impor beras kedelai dan lain-lain
6. Pilih capres yang pro buruh dan kelas pekerja. Partai buruh haram hukumnya berkoalisi dengan parpol yang mengesahkan UU Ciptakerja
7. HOSTUM, hapus out scorsing tolak upah murah.
Perlu diketahui, tanggal 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau yang sering disebut dengan May Day di negara di seluruh dunia.

Peringatan ini dilaksanakan untuk hormati hak pekerja dan pengabdian pekerja dalam tingkatkan kualitas hidup dan kondisi kerja.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya