Cakap Digital, Ini Tips Personal Branding di Media Sosial 

Ketahui juga cara aman di ruang digital

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang. 

Lewat program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022” dibangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital.

Kegiatan literasi digital ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi upaya menghentikan penyebaran berita Blake, serta dampak negatif dari penyalahgunaan internet dengan cara meningkatkan kemampuan kognitif masyarakat Indonesia melalui berbagai program edukasi kecakapan literasi digital. 

Baca Juga: Tahun 2024 Kominfo Targetkan 50 Juta Orang Dapat Literasi Digital

1. Peluang kecakapan digital perlu dimanfaatkan secara optimal

Cakap Digital, Ini Tips Personal Branding di Media Sosial IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Pada Rabu, 20 Juli 2022, pukul 10.00-12.00 WIB, Kemenkominfo bersama siberkreasi telah menyelenggarakan kegiatan webinar yang ke-7 untuk kelompok masyarakat atau komunitas di wilayah Sumatra dengan tema “Tips Dunia Digital: personal branding melalui sosial medial. 

Implementasi kegiatan dari program dibagi menjadi segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat atau komunitas di sembilan wilayah, yang ditentukan berdasarkan jumlah proporsional penggunaan internet di Indonesia.

“Pada tahun 2022 akan diberikan pelatihan literasi digital kepada 5,5 juta masyarakat. Kinerja literasi digital pun mulai menunjukkan peningkatan dari segi kualitas.  Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, dalam sambutan program Makin Cakap Digital, dilansir Sabtu (23/7/2022).

2. Pahami perangkat untuk mulai cakap digital

Cakap Digital, Ini Tips Personal Branding di Media Sosial Webinar yang ke-7 untuk kelompok masyarakat / komunitas di wilayah Sumatra dengan tema “TIPS DUNIA DIGITAL: PERSONAL BRANDING MELALUI SOSIAL MEDIA” (Dok. Kominfo)

Chief Business Officer Paberik Soeara Rakjat Tio Prasetyo, membahas mengenai tips personal branding melalui media sosial, ditinjau dari perspektif cakap digital yang tak hanya sekadar mengetahui informasi tapi harus menguasai perangkatnya.

“Cakap bermedia digital tidak sekedar tahu informasi, namun harus mampu menguasai dan mengoperasikan perangkat lunak dan keras serta paham dengan fitur yang ada. Penting bagi kita untuk mampu memanfaatkan teknologi digital secara optimal ke arah aktivitas produktif dan kreatif," kata Tio.

3. Tips membangun personal branding

Cakap Digital, Ini Tips Personal Branding di Media Sosial Ilustrasi Media Sosial. (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, CEO dan Co-Founder Paberik Soeara Rakjat Pradipta Nugrahanto menjelaskan mengenai tips personal branding melalui media sosial ditinjau dari perspektif etis digital.

Personal branding adalah bagaimana cara kita ingin dikenal oleh masyarakat dalam konteks sosial media. Personal branding adalah bagaimana cara kita dikenal oleh masyarakat melalui media sosial. Personal branding dapat dibangun dengan membiasakan berperilaku sesuai dengan apa yang kita inginkan untuk dikenal oleh masyarakat, misalnya jika kita ingin terlihat rajin dan baik berarti kita harus berperilaku baik dalam keseharian, baik itu di dunia nyata maupun di media sosial," kata dia.

4. Tips aman di ruang digital

Cakap Digital, Ini Tips Personal Branding di Media Sosial Webinar yang ke-7 untuk kelompok masyarakat / komunitas di wilayah Sumatra dengan tema “TIPS DUNIA DIGITAL: PERSONAL BRANDING MELALUI SOSIAL MEDIA” (Dok. Kominfo)

Adapun dosen Politeknik APP Bayu Sutjiatmo juga turut membahas mengenai tips dunia digital personal branding melalui media sosial, ditinjau dari perspektif pilar aman digital. 

“Selalu melindungi data pribadi kita agar terhindar dari kerugian akibat rendahnya keamanan perangkat digital. Waspada terhadap tindak penipuan yang terjadi di dunia digital dengan beberapa tindakan. Pertama, tidak menyebarkan identitas diri ke ruang digital. Kedua, waspada terhadap link, sms, dan telepon yang tidak dikenal dan menanyakan data diri. Terakhir, berbelanja di toko resmi atau yang sudah terverifikasi,” ujar Bayu Sutjiatmo.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya