CEK FAKTA: Utang RI Lunas Saat Megawati Presiden? Nyatanya di Era SBY

SBY pernah singgung soal pelunasan utang Indonesia di IMF

Intinya Sih...

  • Utang Indonesia kepada IMF sebesar US$9,1 miliar dilunasi pada tahun 2006 di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
  • SBY menyatakan bahwa utang Indonesia kepada IMF telah dilunasi pada tahun 2006, empat tahun lebih cepat dari jadwal yang ada. 

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, menyinggung isu kabinet gemuk yang akan dibentuk di pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka periode 2024-2029.

Mega juga mengaku mendengar ada perebutan kursi menteri di koalisi Prabowo-Gibran, yang membuatnya geleng-geleng kepala.

"Jabatan menteri pun yang ibu dengar nih woaaah sudah pada rebutan deh," ujar Megawati dalam pidato politiknya di Rakernas V PDIP, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (24/5/2024).

Dia mengatakan, saat menjadi presiden, Kabinet Gotong Royong yang dipimpinnya hanya memiliki 33 menteri. Meski kabinetnya ramping, Mega mengaku Indonesia bisa melunasi utang, terutama di International Monetary Fund (IMF).

"Ketika menghadapi krisis multidimensi saya lebih memilih membentuk kabinet yang ramping, dengan jumlah menteri 33 tapi bersifat apa, zaken kabinet. Kabinet yang profesional. Jadi benar, the right man in the right place. Terbukti krisis dapat diatasi dan seluruh utang terutama dengan International Monetary Fund dapat dilunasi," kata Mega.

"Pertanyaan saya, ayo mikir, utang kita ini gimana cara mbayare? Ayo mikir, mikir lho, jangan enak-enakan tidur," ujar Megawati.

Lantas bagaimana fakta sebenarnya, apakah benar utang Indonesia lunas pada masa pemerintahan Megawati Soekarnoputri? Berikut hasil penelusuran IDN Times.

Baca Juga: Megawati Ancam Menkumham Yasonna: Tak Bela Rakyat, Saya Copot!

1. Utang Indonesia di IMF lunas pada era SBY

CEK FAKTA: Utang RI Lunas Saat Megawati Presiden? Nyatanya di Era SBYCapres nomor urut dua, Prabowo Subianto ketika silaturahmi ke kediaman SBY pada 12 April 2024. (Dokumentasi tim media Prabowo)

Kabinet Gotong Royong Presiden Megawati Sukarnoputri dan Wakil Presiden Hamzah Haz dilantik pada 10 Agustus 2001, dan masa baktinya berakhir pada 20 Oktober 2004. Kabinet ini beranggotakan 30 menteri dan 3 pejabat setingkat menteri, sehingga total jumlahnya mencapai 33 orang.

Soal klaim Megawati yang mengatakan utang Indonesia lunas di masa kepemimpinannya. Dari penelusuran IDN Times, nyatanya utang Indonesia kepada IMF, yang signifikan setelah krisis moneter 1998-1999, baru dilunasi sepenuhnya pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2006. Indonesia meminjam dana kepada IMF pada masa krisis moneter di masa Orde Baru.

Sementara Megawati hanya memimpin selama sekitar 3 tahun, pada 2001 sampai 2004, sehingga pelunasan utang ini tidak terjadi di masa pemerintahannya.

2. SBY pernah singgung soal pelunasan utang Indonesia di IMF

CEK FAKTA: Utang RI Lunas Saat Megawati Presiden? Nyatanya di Era SBYKampanye SBY di Banyuwangi pada Pemilu 2024 di Banyuwangi. (IDN Times/ Agung Sedana)

SBY sendiri pernah mengungkapkan, total utang Indonesia pada IMF mencapai 9,1 miliar dolar (AS). Lewat akun Facebooknya di 2015, SBY buka suara soal isu yang beredar yang menyatakan bahwa Indonesia belum melunasi utang ke IMG.

SBY mengatakan, sejak 2015 Indonesia bukan lagi pasien IMF, dan bahkan melunasi utang empat tahun lebih cepat dari tenggat waktu pada 2019.

“Maaf, demi tegaknya kebenaran, saya harus mengatakan bahwa seluruh utang Indonesia kepada IMF sudah kita lunasi pada tahun 2006 yang lalu. Keseluruhan utang Indonesia terhadap IMF adalah US$ 9,1 miliar, jika dengan nilai tukar sekarang setara dengan Rp117 triliun, dan pembayaran terakhirnya kita lunasi pada tahun 2006, atau 4 tahun lebih cepat dari jadwal yang ada. Sejak itu kita tidak lagi jadi pasien IMF," kata SBY dalam unggahannya.

3. Bahlil sampaikan terima kasih pada SBY

CEK FAKTA: Utang RI Lunas Saat Megawati Presiden? Nyatanya di Era SBYPresiden ke 6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono/SBY bersama Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono/AHY direncakan datang ke Medan (Dok. Partai Demokrat)

Hal ini juga pernah disinggung Menteri Investasi Bahlil Lahadalia yang berterima kasih pada SBY karena Indonesia berhasil melunasi utang kepada IMF.

“Utang kita sudah selesai, ya. Maaf. Kita harus terima kasih sama pemerintahan sebelum Pak Jokowi, yaitu di zamannya Pak SBY. Itu berhasil selesaikan utang kita ke IMF," katanya dalam konferensi pers, Jumat (30/6/2023).

Dalam keterangan resminya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa Indonesia dipastikan sudah tidak memiliki lagi utang kepada IMD, karena semuanya sudah dilunasi.

Hal itu disampaikan berkenaan dengan IMF yang sempat meminta agar Indonesia bisa kembali membuka ekspor nikel dan mineral lainnya.

"Yang saya heran itu (soal utang Indonesia ke IMF) muncul kembali. Itu kan program IMF tahun berapa? 1997-1998 atau 2000 awal, waktu itu kan sudah dilunasi semua," kata Menkeu di Jakarta, Selasa (4/7/2023).

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya