Dear Ayah, Bantu Istri Selama Mudik Lebaran 2024 Yuk

Istri hamil atau menyusui sangat butuh bantuan suami

Jakarta, IDN Times - Jelang puncak arus mudik yang diprediksi jatuh pada 6-8 April 2024, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga, mendorong para ayah dan keluarga, berpartisipasi aktif dalam pengasuhan anak selama perjalanan mudik maupun libur Lebaran.

“Tidak hanya kebutuhan pengasuhan anak, namun para suami dan keluarga juga harus berpartisipasi ketika istri maupun saudaranya sedang hamil atau menyusui," kata dia, Jumat (5/4/2024).

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran 2024 Ramah Perempuan dan Anak dari Kemen PPPA

1. Suami bisa bantu siapkan obat hingga alat pumping ASI

Dear Ayah, Bantu Istri Selama Mudik Lebaran 2024 YukMenteri PPPA Bintang Puspayoga dan Menko PMK Muhadjir Effendy, untuk meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Command Center KM 29 serta KM 57 di ruas Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (4/4/2024) (dok. KemenPPPA)

Para suami, kata Bintang, bisa membantu mempersiapkan kebutuhan obat-obatan, breast pad, hingga alat pumping ASI bagi istrinya.

Hal ini bisa dilakukan para suami untuk meringankan beban perempuan selama dalam perjalanan mudik Lebaran.

2. Minta posko dan rest area siap di momen Lebaran 2024

Dear Ayah, Bantu Istri Selama Mudik Lebaran 2024 YukMenteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) Bintang Puspayoga dalam agenda Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Dukung Perempuan dalam Pemilu 2024' (Youtube/FMB9ID_IKP)

Bintang juga meminta agar fasilitas di posko mudik dan rest area siap pada momen mudik Lebaran 2024.

Bintang mendorong penyedia jasa layanan mempersiapkan sarana prasarana yang ramah perempuan dan anak. Mulai dari menyediakan ruang laktasi, toilet khusus perempuan dan anak, ruang bermain anak, dan akses yang mudah bagi disabilitas serta lansia.

Baca Juga: Korlantas Polri Prediksi Kepadatan Arus Mudik Terjadi Malam ini

3. Manfaatkan mudik gratis

Dear Ayah, Bantu Istri Selama Mudik Lebaran 2024 YukSuasana arus mudik di stasiun Madiun. IDN Times/ Riyanto

Selain itu, Bintang menyarankan agar masyarakat menggunakan moda transportasi yang aman dan nyaman, salah satunya adalah memanfaatkan fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah.

“Untuk menunjang kesehatan dan kenyamanan anak dalam perjalanan mudik, orang tua perlu menyiapkan kebutuhan spesifik bagi anak. Membawa makanan yang bergizi, menyiapkan obat-obatan, menyediakan bahan bacaan dan mainan untuk anak bisa menjadi alternatif bagi orang tua ketika akan mudik bersama anak,” kata Bintang.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya