Dirjen Imigrasi: Data Biometrik Paspor Aman

Data paspor RI ada di PDN Kemkominfo

Jakarta, IDN Times - Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjen Imigrasi) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menyatakan tak ada data biometrik atau data sidik jari serta wajah pemegang paspor yang bocor.

Pernyataan itu disampaikan setelah tim dari Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi Keimigrasian (SISTIK) bersama Direktorat Intelijen Keimigrasian Ditjen Imigrasi, Kementerian Kominfo, dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), melakukan investigasi terkait rumor kebocoran data paspor Republik Indonesia.

"Hasil penyelidikan sementara menunjukkan tidak ada data biometrik paspor RI yang bocor. Data biometrik paspor serta data dukung permohonan paspor semua aman,” kata Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim dalam keterangannya Senin (10/7/2023).

Baca Juga: Dirjen Imigrasi: Data Paspor yang Bocor Baru Dugaan

1. Data yang diduga bocor adalah data teks

Dirjen Imigrasi: Data Biometrik Paspor AmanPenangkapan DPO WN Italia berinisial AG oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta (dok. Ditjen Imigrasi Kemenkumham)

Silmy menambahkan, data yang diduga bocor adalah teks. Struktur data itu tak digunakan Ditjen Imigrasi saat ini.

“Ditjen Imigrasi sedang mengimplementasikan ISO 270001-2022. Sertifikat ISO tersebut akan terbit di bulan Juli (tahun 2023) ini. Ditjen Imigrasi terus meningkatkan keamanan data yang dimiliki,” katanya.

Baca Juga: 34 Juta Data Paspor Diduga Bocor, Dirjen Imigrasi: Sedang Ditelusuri

2. ISO 270001-2022 standar sistem manajemen keamanan informasi

Dirjen Imigrasi: Data Biometrik Paspor AmanDirektur Jenderal Imigrasi Silmy Karim saat memberi keterangan soal penangkapan DPO WN Italia berinisial AG oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta (dok. Ditjen Imigrasi Kemenkumham)

Silmy menjelaskan, ISO 270001-2022 adalah standar sistem manajemen keamanan informasi yang menyediakan daftar persyaratan kepatuhan yang dapat disertifikasi oleh organisasi dan profesional.

Standar ISO, kata dia, membantu organisasi membangun, menerapkan, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi (ISMS).

Baca Juga: 34 Juta Data Paspor Diduga Dijual, Kominfo Belum Bisa Menyimpulkan

3. Data paspor RI ada di PDN Kemkominfo

Dirjen Imigrasi: Data Biometrik Paspor Aman

Saat ini, data paspor RI disimpan di Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). Ditjen Imigrasi berkoordinasi dengan pihak Kemenkominfo dan BSSN terkait pemeliharaan dan peningkatan keamanan data Imigrasi.

“Masyarakat tidak perlu cemas dan khawatir apabila ingin mengajukan permohonan paspor RI dan mengunggah data pribadinya untuk kepentingan tersebut,” kata Silmy.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya