DKI akan Buka Rusun Daan Mogot dan Pulo Gebang untuk Isoman COVID-19

Rusun Nagrak dan Pasar Rumput juga sudah disiapkan

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat ini tengah menyiapkan Rumah Susun (Rusun) di Daan Mogot, Jakarta Barat dan Pulo Gebang, Jakarta Timur, untuk tempat isolasi mandiri (isoman) COVID-19 bagi pasien yang tak bergejala atau OTG.

"Kami kemarin sudah ke rumah susun Daan Mogot, kemudian juga rumah susun di Pulo Gebang, dan beberapa rumah susun yang lain," kata Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Marullah Matali dalam akun YouTube Pusdalops BNPB seperti dikutip Senin (28/6/2021).

Baca Juga: 20.651 Jenazah COVID-19 Dimakamkan di DKI Jakarta Selama Pandemik

1. Akan ada tempat lain yang dibuka untuk isoman

DKI akan Buka Rusun Daan Mogot dan Pulo Gebang untuk Isoman COVID-19IDN Times/Galih Persiana

Wacana ini masuk dalam upaya pengandalian COVID-19 di DKI Jakarta. Marulah juga mengatakan saat ini pihaknya tengah menginventarisir beberapa tempat yang mungkin dapat gunakan untuk menjadi tempat isoman bagi pasien COVID-19, namun ia tidak menjelaskan secara detail.

"Kemarin kami sudah membuka rumah susun Nagrak. Kemudian sedang dalam persiapan rumah susun Pasar Rumput," ujar dia.

2. DKI siapkan Rusun Nagrak untuk tampung 2.500 pasien

DKI akan Buka Rusun Daan Mogot dan Pulo Gebang untuk Isoman COVID-19Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) mengangkat velbed di salah satu tower di Rumah Susun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Sekadar informasi, DKI Jakata juga membuka Rusun Nagrak, Cilincing, Jakarta Utara, yang akan dijadikan tempat isoman pasien COVID-19.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, Rusun Nagrak bisa menampung 2.500 pasien COVID-19 dan nantinya akan dikelola Pangdam Jaya, dan menjadi satu pengelolaan dengan Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran.

3. Ada 7.936 tempat tidur disediakan di Rusun Pasar Rumput

DKI akan Buka Rusun Daan Mogot dan Pulo Gebang untuk Isoman COVID-19Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meninjau sekaligus memastikan kesiapan Rumah Susun Pasar Rumput yang berlokasi di Setiabudi, Jakarta Selatan, pada Jumat (25/6/2021) (Dok. Pemprov DKI Jakarta))

Sementara, Rusun Pasar Rumput, Setiabudi, Jakarta Selatan, juga akan digunakan sebagai tempat isolasi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan ada 1.984 kamar yang tersedia di sini.

"Kapasitas yang ada di sini jumlah kamar dari Tower 1, 2, dan 3 itu totalnya ada 1.984 kamar, rencananya diisi dengan empat tempat tidur, itu totalnya berarti kurang lebih 7.936 tempat tidur yang akan dipersiapkan," Kata Riza dalam keterangannya, Jumat, 25 Juni 2021.

Baca Juga: Kapolri Minta Anies Realisasikan 31 Tempat Isoman Terpadu di Jakarta

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya