Flyover Tapal Kuda Dibuka untuk Umum Selama 6 Hari, Udah Coba?

Flyover Tapal Kuda dibuka dalam rangka uji coba tahap 2

Jakarta, IDN Times - Bina Marga DKI Jakarta kembali melakukan uji coba di jalan layang atau flyover Tanjung Barat dan Lenteng Agung Jakarta Selatan atau yang biasa dikenal dengan flyover tapal kuda.

Ini adalah kali kedua uji coba dilalukan setelah 31 Januari 2021-2 Februari 2021. Uji coba tahap kedua ini akan dibuka selama enam hari.

"Kali ini Flyover Tanjung Barat dan Flyover Lenteng Agung Jakarta Selatan akan dilakukan kembali uji coba atau open traffic selama 6 hari," tulis akun Bina Marga DKI Jakarta @binamargadki, Selasa (30/3/2021).

1. Flyover dibuka selama enam hari

Flyover Tapal Kuda Dibuka untuk Umum Selama 6 Hari, Udah Coba?Pembangunan Jalan Layang Tapal Kuda pertama di Jakarta (Instagram.com/aniesbaswedan)

Bina Marga DKI menyebut jadwal uji coba tahap 2 berlangsung pada 1 - 6 April 2021 pukul 06.00-22.00 WIB.

"Evaluasi dan penyelesaian konstruksi ini terus dilakukan guna mempersiapkan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan," tulis keterangan Bina Marga.

Setelah uji coba, nantinya flyover tersebut akan ditutup kembali. Hal itu dilakukan mengevaluasi uji coba, Bina Marga kemudian akan menyelesaikan konstruksi flyover.

Baca Juga: [FOTO] Flyover Tapal Kuda Lenteng Agung Kebanggaan Anies Diuji Coba

2. Uji coba tahap satu dilakukan pada awal 2021

Flyover Tapal Kuda Dibuka untuk Umum Selama 6 Hari, Udah Coba?Kawasan Jalan Layang Tapal Kuda, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (Instagram.com/dkijakarta)

Sebelumnya, Jalan layang Lenteng Agung dan Tanjung Barat, Jakarta Selatan yang dikenal telah diuji coba untuk umum. Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho menjabarkan bahwa waktu uji coba tahap satu dilakukan selama tiga hari yakni pada Minggu 31 Januari hingga Selasa 2 Februari 2021.

"Setelah dari uji coba ini, akan diadakan evaluasi atas kekurangsempurnaan pekerjaan yang ada di lapangan," kata Hari seperti dikutip dari ANTARA.

3. JPO untuk fasilitas penunjang juga disediakan

Flyover Tapal Kuda Dibuka untuk Umum Selama 6 Hari, Udah Coba?Foto aerial jalan layang tapal kuda Lenteng Agung saat uji coba lalu lintas di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Minggu (31/1/2021) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Hari menjelaskan bahwa penyelesaian pekerjaan jembatan penyeberangan orang (JPO) baik di flyover Lenteng Agung atau Tanjung Barat masih dikerjakan di lapangan.

"Kita harapkan pekerjaan JPO ini dapat diselesaikan dalam waktu dekat," kata dia.

Keberadaan JPO ini, kata Hari, guna memfasilitasi penyeberang jalan yang akan melintasi rel kereta api dari arah timur ke barat maupun sebaliknya.

Baca Juga: [FOTO] Anies Pamer Potret Warna Warni Pasar Senen, JPO Pakai Lift!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya