Comscore Tracker

Harga Daging Sapi Naik, Pedagang di DKI Jakarta Siap Mogok Jualan

Stok daging sapi beku dipersiapkan

Jakarta, IDN Times - Kenaikan harga daging dan sapi hidup dari Australia berimbas pada kenaikan harga daging di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta. Menyikapi hal tersebut, Asosiasi Pedagang Daging se-Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek) melakukan aksi mogok yang rencananya bakal digelar selama tiga hari mulai 20-22 Januari 2021.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas  Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati membenarkan rencana tersebut, namun dia berharap aksi mogok tersebut tidak terjadi.

"Karena kasihan para pelaku usaha kecil yang menggantungkan bahan baku daging sapi seperti penjual bakso. Semoga pertemuan yang hari ini berlangsung di Kemendag (Kementerian Perdagangan) dapat mengurungkan rencana mogok tersebut," ujar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (19/1/2021).

Baca Juga: Setelah Kedelai, Harga Cabai dan Daging Sapi Melambung Tak Terkendali

1. Penyediaan daging sapi beku akan jadi alternatif

Harga Daging Sapi Naik, Pedagang di DKI Jakarta Siap Mogok JualanIlustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Namun jika aksi mogok tersebut benar terjadi, Suharini sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, dalam rangka alternatif penyediaan daging sapi beku.

Dia mengatakan stok daging sapi beku di Jakarta yang tersimpan di Bulog DKI Jakarta Banten, PD Dharma Jaya, dirasa cukup untuk kebutuhan daging sapi saat aksi mogok terjadi.

2. Kemungkinan akan ada operasi pasar daging sapi beku

Harga Daging Sapi Naik, Pedagang di DKI Jakarta Siap Mogok JualanIlustrasi penjual daging sapi. IDN Times/Holy Kartika

Dia juga mengatakan koordiasi tersebut dilakukan dengan Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DPPKUKM) DKI Jakarta, Bulog DKI Jakarta Banten, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta (PD Dharma Jaya dan Perumda Pasar Jaya), untuk kemungkinan dilakukan Operasi Pasar (OP) daging sapi beku.

"Namun ini alternatif terakhir Pemprov akan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait agar aksi mogok tidak terjadi," kata Suharini.

3. Pedagang mogok berjualan di Jabodetabek

Harga Daging Sapi Naik, Pedagang di DKI Jakarta Siap Mogok JualanANTARA FOTO/Arnas Padda

Permasalahan mengenai daging sapi juga terjadi di beberapa daerah di sekitar Jakarta. Agenda mogok berjualan para pedagang daging dilakukan, lantaran harga daging naik mencapai Rp120 ribu lebih per kilogram. Sejumlah pasar di kawasan Jabodetabek juga siap mogok.

Kabar ini disampaikan Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri. Dia menyatakan telah mendapat tembusan surat edaran Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) bernomor 08/A/DPD-APDI/I/2021 yang memuat rencana mogok jualan itu.

Baca Juga: Asosiasi Peternak Sumsel Beber Alasan Harga Daging Ayam Naik

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya