Hari Lebaran, KRL Banyak Digunakan Saat Siang

Didominasi pengguna musiman yang main ke public area

Jakarta, IDN Times - Pada hari raya Idul Fitri 1443 Hijriah ada pergerakan pengguna KRL yang terfokus pada siang hari. Hal ini disampaikan VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Padahal, jika di waktu normal, biasanya pengguna KRL banyak memanfaatkannya pada pagi dan sore hari.

“Pengguna KRL didominasi oleh pengguna musiman yang bepergian bersama keluarga dan anak-anak untuk melakukan silaturahmi atau sekadar mengunjungi public area di sekitar stasiun,” kata dia, dalam keterangan tertulis, Senin (2/5/2022).

1. Banyak pengguna KRL naik dari stasiun Citayam

Hari Lebaran, KRL Banyak Digunakan Saat SiangSituasi jalur KRL Rangkasbitung-Tanah Abang. (IDN Times/Muhammad Iqbal)

Data KAI Commuter pada hari pertama lebaran menunjukkan adanya peningkatan pergerakan pengguna KRL sekitar pukul 09:00-14:00 WIB.Hingga pukul 18.00 WIB, tercatat volume pengguna KRL Jabodetabek sejumlah 273.400 pengguna.

“Pengguna terbanyak naik dari Stasiun Citayam 19.444 pengguna, Sedangkan Stasiun Bogor menjadi stasiun tujuan, pengguna keluar stasiun Bogor 20.588 pengguna,” kata Anne.

Baca Juga: Jam KRL Normal, Pemuda Rangkasbitung Tak Risaukan Mudik Lebaran

2. Laporan pengguna KA Lokal

Hari Lebaran, KRL Banyak Digunakan Saat SiangAktivitas penumpang KRL di Stasiun Tangerang, Banten, Minggu (7/6/2020). ANTARA FOTO/Fauzan

Sementara hingga pukul 18.00 WIB, tercatat volume pengguna KA Lokal Merak relasi Rangkasbitung-Merak PP sejumlah 3.653 pengguna. 

Sedangkan volume pengguna KA Lokal Walahar dan Jatiluruh relasi Cikarang-Cikampek atau Purwakarta PP sejumlah 5.242 pengguna.

3. Stasiun Manggarai, Tanah Abang hingga Rangkasbitung ramai lancar

Hari Lebaran, KRL Banyak Digunakan Saat SiangSuasana Stasiun Tanah Abang Jelang Lebaran pada Sabtu (8/5/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Untuk antisipasi pergerakan pengguna di stasiun transit, KAI Commuter menambah fasilitas pelayanan tambahan berupa dua buah tenda di Stasiun Rangkasbitung yang ditempatkan di hall pintu masuk pengguna KA Lokal, serta di hall pintu masuk KRL, selain itu ada loket portabel dan penambahan petugas. 

“Sementara itu pantauan di stasiun-stasiun transit, seperti Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Cikarang serta Stasiun Rangkasbitung terpantau ramai lancar pada saat pengguna berpindah peron maupun berpindah dari KA Lokal ke KRL, begitupun sebaliknya,”  kata Anne.

Baca Juga: Hore! Lebaran 2022, KRL Jogja–Solo Sampai Stasiun Palur Karanganyar

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya